Cara Penggabungan PCMAV dan ClamAV Disertai Complete Download Links


Cara Penggabungan PCMAV dan ClamAV
Download PCMAV 1.0 RC21 Update Build2 + Complete Supported ClamAV Files

PCMAV_RC21_With_ClamAV_Thumb.jpg

Beberapa waktu yang lalu saya sempat memposting Download PCMAV RC21 (CLN+RTP+Update1), dan kemarin (6 Nov 2007) saya sempatkan untuk memposting PCMAV 1.0 RC21 Update Build2; namun, Mohon Maaf bila saya tidak menyertakan Cara Penggabungan PCMAV dan ClamAV.
Dikarenakan cukup banyak Pengunjung dan beberapa Rekan saya menanyakan kepada saya via Mail maupun Media lain tentang Bagaimana Cara Menggabungkan PCMAV dan ClamAV agar Virus Signature Databasenya menjadi Banyak sehingga Virus/Varian Virus Baru bisa dikenali PCMAV Internal Engine + ClamAV, dan agar PCMAV bisa menjadi AntiVirus yang Kuat dan Handal dalam membasmi banyak Virus;
Maka, di bawah ini akan saya jelaskan Bagaimana Cara Penggabungan PCMAV dan ClamAV yang mana Efek Kekuatan Penggabungannya adalah PCMAV 1.0 RC21 bisa mengenali sebanyak 166.186,20 Virus Signatures hingga sampai tulisan ini dibuat (lihat ScreenShot di atas). Sebagai Informasi, sebelum digabungkan dengan ClamAV dan sebelum diintegrasikan dengan PCMAV RC21 Update Build2, PCMAV Internal Engine bisa mengenal 1.194 Virus Signatures, baik Virus Baru maupun Varian dari old/recent Virus. Semoga Kekuatan Penggabungan tersebut bisa menjadi Jawaban atas keluhan Para Pembaca Budiman yang menyampaikan adanya beberapa Virus Baru maupun Varian dari old/recent Virus yang belum bisa dibasmi oleh PCMAV 1.0 RC21. Amen.

2 (Dua) Langkah Penggabungan PCMAV dan ClamAV :
I. Buat Satu Folder (misal: “PCMAV”)
II. Download File-File yang diperlukan seperti tertera di bawah ini:

  1. PCMAV-CLN.exe (PCMAV 1.0 RC21 Cleaner Tool – 768 KB)
  2. PCMAV-RTP.exe (PCMAV 1.0 RC21 Real Time Protector – 595 KB)
  3. RC21.VDB (PCMAV RC21 Update Build2 released on 7 Nov 2007 – 72,5 KB)
  4. README.TXT (PCMAV RC21 Readme File – 33 KB)
  5. main.cvd (latest ver 44 released on 20 Jul 2007 – 10,012 KB)
  6. daily.cvd (latest ver. 4687 released on 07 Nov 2007 – 981 KB)
  7. libpclamav.dll (ClamAV Library – 266 KB)
  8. libclamav.dll (ClamWin AntiVirus Library – 637 KB)
  9. pthreadVC2.dll (POSIX Threads for Windows32 Library ver. 2.8.0.0 – 44 KB)

dan Masukkan Seluruh File tersebut di atas ke dalam Folder tersebut pada No. I di atas.
Ilustrasi dalam bentuk ScreenShot di bawah ini :

PCMAV_RC21_With_Required_ClamAV_Files.jpg

Bila Anda belum memiliki File-File tersebut di atas, Anda bisa Download melalui Links di bawah ini:

DownloadButton.jpg

1. PCMAV RC21 + Update Build2 (PCMAV-CLN.exe+PCMAV-RTP.exe+RC21.VDB+README.TXT )
divShare : http://www.divshare.com/download/2663532-e06
4shared : http://www.4shared.com/file/28551592/39a6aa47/PCMAV_RC21__Update_Build2.html

2. PCMAV RC21 Update Build2 (RC21.VDB – released on 07 Nov 2007)
divShare : http://www.divshare.com/download/2664051-985
4shared : http://www.4shared.com/file/28553786/8e5d43fa/RC21.html

3. main.cvd (latest version)
clamav.net : http://db.local.clamav.net/main.cvd (Klik Kanan, Save Link/Target As)

4. daily.cvd (latest version)
clamav.net: http://db.local.clamav.net/daily.cvd (Klik Kanan, Save Link/Target As)

5. libpclamav.dll
divShare : http://www.divshare.com/download/2663801-d58
4shared : http://www.4shared.com/file/28555071/b78583cf/libpclamav.html

6. libclamav.dll
divShare : http://www.divshare.com/download/2663797-62f
4shared : http://www.4shared.com/file/28554841/2a07e6d1/libclamav.html

7. pthreadVC2.dll
divShare : http://www.divshare.com/download/2663875-e63
4shared : http://www.4shared.com/file/28555234/a007662a/pthreadVC2.html

Related Supported Topic:
Perubahan Prosedur dan Teknik Penggabungan PCMAV dan ClamAV (NEW)
Download PCMAV 2.0 Valkyrie Final Version (without ClamAV) (NEW)

Semoga Bermanfaat
Salam

37 Responses

  1. Thankyu coy
    you’re the best, cos by the way bus way on the way you give information very specisific.

    Henry says:
    You’re Welcome!
    Hope those materials will be useful for You.
    Regards.

  2. wah..
    makasi banget kk..
    aku jd tau gmn cara pakenya PCMAV ^^

    Henry says:
    Terima Kasih Kembali.

  3. wah..
    makasi banget kk..
    aku jd tau gmn cara pakenya PCMAV ^^
    makasi lagi yah..
    oh iyah kk
    aku ini jurusan Informatika nih..
    trus.. aku lum tau banyak ttg anti virus gitu..
    jadi.. klo boleh kk kirimin tips2 yang bisa bantu aku ilangin virus2 yang bandel hehehe..
    klo ada tips2 yang bagus.. kirimin ke email aku yah
    makasi..

    Henry says:
    Makasih Balik..
    Wah, KK ni bukan Banyak tahu tentang Virus dan AntiVirus lho, apalagi Pakar.
    Namun, KK nulis Blog ini untuk Berbagi sedikit Ilmu (Knowledge Sharing) yang KK ketahui, pelajari, dan alami, Sekaligus Menimba Ilmu, jadi KK juga butuh masukan berupa informasi, kritik, dan saran dari para pembaca yang sudi berbagi juga.
    Meski begitu, bila KK ada tips-tips yang perlu dan/penting untuk dishare ke para Pembaca yang memerlukan, atau KK punya referensi tips dan tricks yang bagus dari sumber lain, Insya Allah, KK posting ke Blog KK ini.
    Thanks.
    Regards.

  4. eh…. aku punya masalah nih, kompi ku kena virus “winx.gif” kalo ga salah sih tulisannya gitu… lha masalahnya tuh aku udah scan pake PCMAV-RC21+libclamav.dll tp selalu muncul lagi ga ilang2 iq…. piye iki jal? kasih saran dong please….
    bales aja di e_mailku..

  5. Matur nuwun atas pencerahan dan fasilitas downloan beserta Link-link nya. Sangat bermanfaat. Semoga berguna bagi insan IT Indonesia. Kepareng, Nuwun.

    Henry says:
    Sami-sami Pak!
    Mugi-mugi saged migunani. Amin.
    Nuwun.

  6. Setelah Kita download file clamav dan pcmav dan saya jalankan muncul tulisan : cl_cvdverify: database not load.
    Jadi clamav gak bisa digunakan.
    Bantuin dong

    Saya pakek Windows XP

    Henry says:
    Kemungkinan File CVD yang Anda download belum/tidak sempurna (corrupted/damaged); kemungkinan penyebabnya: pada saat Anda download, server divShare atau 4shared sedang mengalami over traffic download process, sehingga proses pendownload-an bisa menjadi lambat atau sangat lambat atau file bisa didownload tapi tidak sempurna (damaged) atau bahkan gagal download sama sekali. Untuk menghindari kemungkinan2 tsb., coba sebelumnya Anda pastikan bahwa server WebHosting (divShare maupun 4shared) sedang tidak dalam kondisi over traffic; bila proses download terasa lambat, coba lain jam/waktu. Siapa yang sedang online di Blog saya tidak bisa dijadikan patokan berapa orang yang kemungkinan sedang download via Blog saya dan Bandwith downloader yang tersedia/tersisa, karena di luar sana, proses downloading via Link yang saya sediakan bisa juga dilakukan dengan Web Crawler atau instan type URL/link yang saya sediakan pada Web Browser Address Box, yang langsung bisa menuju URL lokasi file uploadan saya. Coba cocokkan Ukuran File (Kb/Mb) yang telah Anda download dengan daftar Ukuran File yang telah saya tulis diatas sebagai referensi dan untuk memastikan bahwa Anda telah mendownload file-file PCMAV dan ClamAV secara utuh (tidak corrupted ataupun damaged). Pastikan juga: cara/teknis mendownload KHUSUS File-File ClamAV seperti “main.cvd” dan “daily.cvd” tidak dengan mengKlik kiri Link-link yang saya sediakan di atas, tapi Klik kanan link, kemudian pilih dan Klik “Save Link As” (Firefox) atau “Save Target As” (IE), lalu save pada sembarang folder pilihan Anda. Klik kiri tidak akan mengeluarkan pop up download window, tapi akan membuka filenya pada browser Anda yang bisa menjadi sangat berat prosesnya, terutama file “main.cvd” yang kian lama akan kian membengkak seiring penammbahan Virus Signatures databasenya (sekarang sudah berukuran diatas 10 MB), walaupun bila terbuka masih bisa Anda save As ke main.cvd.
    Referensi : Delapan Faktor Penyebab PCMAV dan ClamAV Mogok Kerja
    Semoga Bermanfaat.
    Salam

  7. menemukan problem yg sama seperti diatas..

    ( cl_cvdverify: database not load )

    Henry says:
    Jawaban: Idem # Sdr. Zaini (di Atas)
    Referensi : Delapan Faktor Penyebab PCMAV dan ClamAV Mogok Kerja
    Semoga Bermanfaat.
    Salam

  8. jadi yang harus saya download ulang file yg mana ya, mas..??
    thx..!!

    Henry says:
    Insya Allah, File-File PCMAV 1.0 RC21 beserta File-File ClamAV yang dibutuhkan yang telah saya Upload BERSIH/FREE From Malware (Virus/Worm/Trojan), dan Link-Link Download yang telah saya sediakan Valid semua.
    Mungkin bisa Anda coba download ulang RC21.VDB-nya dulu, lalu coba jalankan, namun bila belum ada solusi, coba download ulang 2 file: daily.cvd dan main.cvd. Kemungkinan error ada pada File-File ClamAV yang menjadi dugaan kuat saya, karena harap dimaklumi, Ukuran File main.cvd cukup gemuk untuk didownload (10 MB-an), yang sangat memungkinkan untuk gagal download bila Anda lakukan hanya sekali, apalagi yang mendownload adalah orang seantero jagad. Pengalaman saya sendiri, dengan dua s.d tiga kali, bahkan lebih kali, file main.cvd baru bisa sempurna saya download. Terkadang file daily.cvd yang file sizenya kian gemuk (sampai tulisan ini dibuat sudah hampir 1 MB) pun baru bisa berhasil saya download, walaupun menggunakan Telkom Speedy sekalipun. Kemungkinan besar para pengguna jalur Broadband tidak mengalami masalah. Memang perlu menambah sedikit kesabaran dalam proses downloadnya.
    Referensi : Delapan Faktor Penyebab PCMAV dan ClamAV Mogok Kerja

    Thanx a Million for the Info.
    Semoga Terbantu
    Salam

  9. luar biasa, pengetahuan saya akan anti virus (apalagi buah karya anak bangsa jadi membanggakan) makin hari makin bertambah makasakih mas atas pengetahuannya.\

    sukses selalu

    Henry says:
    Sama-sama, Mas!
    Sukses juga buat Mas dan buat PC Media tentunya :)

  10. kk…..semua!
    saya mau tanya
    saya beli majalah PCMAV versi
    isinya ada PCMAVRC21
    tapi kok di komputer saya gak isa dibuka yah…..
    ada bacaan dont send bla…bla…bla… gitu deh.
    kenapa sebabnya bisa demikian……
    mohon pencerahannya!!!!!!!! ^^
    saya kira komputer saya yang rusak sampe2 avg di uninstall dan kompi di instal ulang ……

    Henry says:
    Haduh Biyun’! saya turut prihatin deh buat Bung Danu. Kalau file source PCMAV-nya dari DVD PC Media ditanggung OKE 100% guaranteed to work deh (dengan catatan Keping DVD tidak rusak/cacat dan DVD Rom Anda bisa membaca DVD tersebut dengan baik), apalagi kalo OS komputer Anda Windux…eh…Windus. Kemungkinan Penyebab Masalah: Anda pakai OS selain Windus yang tidak mendukung PCMAV atau bila Anda pakai OS Windus, kemungkinan system di komputer Anda sedang mengalami masalah yang bisa disebabkan banyak hal, seperti: kerusakan hardware(s) atau software(s) pihak ketiga yang service-nya running di background dan crash atau memblokir eksekusi File PCMAV. Sayang Anda tidak memberikan spesifikasi Komputer, OS, dan software yang terinstal lebih detail, jadi saya juga tidak bisa menjawab dengan spesifik.

  11. terimakasi atas PCMAV dan Clamav nya

    Henry says:
    Makasih baliX!
    PCMAV RC22 uda keluar lho, jangan lupa di-update terus agar PCMAV makin bisa berjalan dengan baik, dan makin handal membasmi banyak ‘Penyakit’ komputer yang mungkin belum bisa terdeteksi oleh PCMAV versi-versi sebelumnya. OK.

  12. kenapa pas download clamav yg main koq putus tengah jalan? padahal baru 800 kb n dari website clamav nya langsung??!!

    terima kasih

    Henry says:
    Memang terkadang saya dan banyak orang lainnya juga mengalami hal yang sama saat download ClamAV daily.cvd apalagi main.cvd justru karena dari situsnya langsung (db.local.clamav.net/daily.cvd dan db.local.clamav.net/main.cvd). Pilihannya agak dilematis, download dari situs resmi ClamAV = uptodate tapi terkadang antrian download penuh, atau download file dari web hosting = tidak/kurang ter-update, tapi cenderung lebih lancar. Yak harap maxlum ya, yang download di ClamAv.Net manusia se-globe :) jadi full queue (antri penuh deh) jadi terkadang beberapa kali percobaan download, baru bisa ketangkep itu file. Oleh karena itu bila Anda mengalami over download traffic, coba download lain waktu/jam atau download saja file daily.cvd yang saya upload sendiri ke web hosting sebagai jalan alternatif, walau tentu akan kurang ter-update, karena namanya daily.cvd, ya berarti sifat updaternya daily (harian). Idealnya download langsung dari clamav.net, seperti saran PC Media. OK.

  13. waduh ..!! susah ya download main.cvd nya ..??!!saya sudah mencoba lebih dari 6x lo mas ..!!hehe .. dan sudah saya lihat berkali2 sizenya tidak sama dengan size yg tertera pada screenshot mas .. akhirnya saya coba saja jalankan, eh..malah masih tetap error yg keluar tulisan cl_cvdverify: database not load ..!?apa harus saya trus mendownload main.cvd sampai sizenya sama dengan yg tertera di screenshot mas ..?? ASAP.. hehehe ..thnx lo sebelumnya for ur knowledge ..

    Henry says:
    Dicoba-dan dicoba lagi, Mas. Never Give Up! :)
    Harap Maklum, karena yang download di ClamAV.Net Insan Sejagad Raya :) apalagi karena ClamAV license-nya Free – OpenSource.
    ERROR dengan pop up window “cl_cvdverify: database not load” artinya File ClamAV Database Anda tidak bisa di-Load karena corrupted/damaged (umumnya file belum 100% terdownload tapi sudah putus jalan). Itu mengapa memelototi Ukuran File (File Size) memang WADJIB hukumnya :)
    Kalo Benar-Benar sangat sulit Anda Download, Pada Majalah PC Media edisi terakhir telah disertakan file “main.cvd”, namun untuk daily.cvd dan file-file ClamAV library -nya harus didownload sendiri.

  14. makasih yaa .. buat linknya .. berguna bgt yg pasti ..!saya mau nanya .. setelah pake PCMAV+CLAMAV saya langsung uninstall semua antivirus saya AVG dan AVAST!lalu ketika saya menghidupkan komputer saya, Windows security alert memberitahukan kalau komputer saya beresiko terkena virus yg membahayakan komputer saya!itu apa karena saya uninstall semua antivirus jadinya OS saya tidak mendeteksi adanya antivirus di OS saya atau PCMAV yg tidak terdeteksi oleh OS saya sebagai antivirus?? menurut mas .. apa saya harus menginstall lagi antivirus saya yg sebelumnya ..??

    makasih ..

    Henry says:
    Terima Kasih Balik.
    Sebaiknya JANGANlah diUninstall Software-Software Sekuriti lain yang berfungsi sebagai IDS (Intrusion Detection System) semacam AntiVirus atau Firewall atau Anti Spyware, dsb. yang telah terinstall di dalam komputer Anda. Cukup Di-DISABLE (DINONAKTIFKAN) sementara saja, itupun bila software-software tersebut CRASH atau TIDAK BISA BERJALAN SEIRING-SEJALAN (Baca: COMPATIBLE) dengan PCMAV dan/atau ClamAV.
    Dengan kata lain, Biarkan Software-Software tersebut di atas saling support atau saling mendukung satu sama lain. Bila Software-Software IDS sudah terlanjur Anda Uninstall, sebaiknya Anda Install lagi demi KEAMANAN Anda dan Komputer Anda.
    Catatan, BACKUP dulu File-File PCMAV dan ClamAV atau jangan hapus File ZIP yang telah Anda download untuk jaga-jaga bila terblokir atau terhapus Software IDS lain.
    PCMAV memang tidak terdeteksi sebagai Program IDS/AntiVirus oleh Windows karena sifatnya yang PORTABLE (Tanpa Perlu Instalasi), lain dengan Program AntiVirus yang untuk eksekusinya perlu Instalasi.
    Soal Warning di Security Center-nya Windows, matikan saja Warningnya dengan cara:
    (1) Go To Control Panel,
    (2) Klik “Security Center”
    (3) Bila Tidak Ada Proteksi dari Program IDS seperti AntiVirus yang terinstall dalam komputer, background layar berubah warna kuning yang artinya “WARNING” karena tidak adanya Program AntiVirus yang terinstall di dalam komputer, dan muncul tombol “Recommendations”. Klik Tombol “Recommendations”
    (4) Check/Centang Box pada tulisan “I have an Antivirus program that I’ll monitor myself”.
    Setelah Anda Klik “OK”, dijamin Windows Security Center TIDAK akan meWARNING Anda lagi.
    Semoga Terbantu.

  15. Makasih banyak tas pengetahuannya mas .. saya sudah coba dan setelah saya pikir2 hehehe .. berdasarkan “WARNING” nya komputer saya bisa terancam virus nih ..!soalnya kemarin saya buat format MP4, jadinya malah MP4nya tidak mau nyala, karena itu saya pikir OS saya sudah ada virus yg tak terdeteksi ama PCMAV + CLAMAV dan mungkin juga PCMAV + CLAMAV nya sudah terinfeksi ..!apa rekomendasi antivirus dari mas yg bisa membuat VIRUS PROTECTION tabel yg ada di Windows Security Center “ON” kembali seperti semula, karena sekarang statusnya itu “NOT MONITORED” setelah saya menguninstall semua antivirus saya ..??

    tolong ya mas ..

    Sebelumnya terima kasih banyak lagi ..

    hehehe ..

    Henry says:
    Setahu saya dan menurut pengalaman saya dalam mencoba banyak AntiVirus baik yang berlisensi freeware maupun yang komersil, software AntiVirus yang proses eksekusinya menggunakan pola Instalasi akan terdetect Windows sebagai “AntiVirus (yang terinstall pada Windows dan melindungi system, Windows Environment, dan data-data di dalam drive yang ter-plugged pada Windows)”, lain dengan AntiVirus yang sifatnya Portable seperti PCMAV, ANSAV, avast! U3 Edition, dll, Windows tidak akan menganggap kehadiran mereka sebagai AntiVirus/Protector, tapi hanya sebagai Running Program/Process saja saat sedang dieksekusi oleh User. Bila ada AntiVirus yang terdeteksi Windows, secara otomatis Windows Security Center akan mengeset indikator AntiVirus Existence-nya dengan “ON” yang artinya Ada/terinstall. sebaliknya, Windows akan mengeset “OFF” apabila Windows tidak mendeteksi keberadaan Instalasi AntiVirus di dalam systemnya.
    Anda bisa memilih dan menggunakan sembarang AntiVirus yang menggunakan pola instalasi untuk eksekusinya yang ada di Planet bumi ini sesuai kebutuhan da/atau kecocokan Anda. Pastikan pilih AntiVirus yang bisa diandalkan seperti Bit Defender, Kaspersky, Norton, McAfee, sophos, Panda, dll, yang masing-masing memiliki keunikan karakteristik yang berbeda-beda dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

    Semoga terbantu.

  16. oh iya, satu lagi …hehehe maap mas kalo banyak nanya .. gmana si cara update daily.cvd nya?? saya sudah coba dari link yg telah mas henry sediakan, tapi setelah saya save kok formatnya Text Document???lalu saya coba lagi masuk ke websitenya Clamav, tapi sama saja semua hasilnya ber format Text Document ..?! kenapa ya mas ..?

    jangan bosen jawab pertanyaan dari saya ya mas ..

    hehehe ..

    Henry says:

    Untuk Download daily.CVD maupun main.CVD, baik melalui Blog saya ini maupun melalui situs resmi ClamAV.NET, sebaiknya JANGAN DI-KLIK KIRI LINK (URL) FILE-FILE TERSEBUT, TAPI ANDA KLIK KANAN SAJA LINK (URL) TERSEBUT, KEMUDIAN PILIH DAN KLIK “SAVE LINK AS” (FIREFOX) ATAU “SAVE TARGET AS” (IE), LALU ANDA TINGGAL MENENTUKAN LOKASI DRIVE ATAU FOLDER UNTUK TEMPAT MENYIMPAN FILE YANG AKAN DI-DOWNLOAD TERSEBUT”

    Silakan Dicoba.

  17. saya ingin tahu aja bro, kalau RC21.VDB fungsinya untuk apaan sih?
    kok rasanya nggak ada gunanya ya? atau saya yg nggak bisa make?

    Henry says:

    File RCxx.VDB (xx = release version number) adalah File Updater yang dibuat dan disediakan oleh PCMAV Developer Team yang sangat berguna sekali untuk meng-update Virus Database yang bisa dikenali/dideteksi oleh Internal Engine PCMAV (tanpa bantuan ClamAV Virus Signature Database).
    Harap dibedakan antara Internal Engine PCMAV dan ClamAV Database yang mana keduanya saling melengkapi. PCMAV sebagai Engine-nya yang bersifat mandiri yang sudah memiliki Virus Signatures Database sendiri, sedangkan ClamAV Virus Signatures Database merupakan Open-Source Big Database yang diintegrasikan (digabungkan) ke dalam Engine milik PCMAV, jadi sifatnya melengkapi Virus Signatures database yang sudah ada di dalam Internal Engine PCMAV.

  18. I love windows

    Henry says:
    I love Linux very much too! lho sama-sama gack sambung yach..! :mrgreen:
    Anyway, ThanX for Your comment!

  19. Trus cara pakenya cuman di taruh dalam 1 folder aja?
    by the way … thanks bro atas info nya.
    Biar saya agak pinter dikit :)

    salam

    Henry says:
    Ya. Semua File PCMAV dan Semua File ClamAV yang telah saya sebutkan di atas HARUS Ditempatkan Dalam 1 (Satu) Folder Saja sebelum dieksekusi/dijalankan agar PCMAV dan ClamAV bisa berkolaborasi dengan baik.
    Terima Kasih Kembali.

  20. wah thanks ya … jadi lebih ngerti … sekarang
    salut salut bro

    salam

    Henry says:
    Terima Kasih Kembali

  21. Thank you mr. Henry, komputerku jadi lebih save…
    Mg tambah sukses aja buat mas Henry

    Henry says:
    Syukurlah Kalau begitu.
    Terima Kasih Kembali.
    Amen.. Sukses juga buat Anda, Amen..

  22. Dear Mas Henry,
    Saya sangat senang bertemu blog Anda ini. Ini menjadi solusi masalah saya yang kurang mendapat tempat di meja redaksi pcmedia.
    Ada masalah yang ingin saya sampaikan, berharap Mas Henry sudi membantu.
    1. Dari RC18-22 (resmi dari CD Edisi Ekonomis), folder my document tidak terlihat pada LOCATION TO SCAN. Saya akui ini mungkin akibat mengutak-atik komputer. Mohon bantuannya bagaimana agar folder tersebut dapat terlacak di pcmav.
    2. Untuk main.cvd, baru 15% proses download selesai. bagaimana cara yang benar?
    3.Saya menggunakan AVIRA. Apakah AVIRA harus dibuang jika kombinasi pcmav dan clamav diinstall?
    Demikian, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

  23. kenapa ya main.cvd dan daily.cvd yang saya download selalu tersimpan dalam bentuk .texk document??? dan tidak terbaca pada saat saya mengakifkan pcmav??
    Mohon bantuannya.

    Thanks

    Henry said :
    Masalah Anda bersumber pada teknik pendownloadan dan penyimpanan file (main.cvd dan daily.cvd).
    Bila Anda Klik Kiri (Eksekusi) URL (Link) download langsung main.cvd ataupun daily.cvd melalui situs clamav.net, anda akan membuka file-file tersebut pada browser. Cara ini selain menyulitkan Anda untuk teknik download dan teknik penyimpanan file-file tersebut, juga tidak efisien karena membutuhkan waktu yang agak/cukup lama untuk loading. jadi Anda Klik Kanan (Membuka shell menu) saja, lalu download dan simpan file-file tersebut dengan pilih dan klik kiri “Save Link As” pada Firefox atau “Save Target As” pada Internet Explorer.
    Untuk URL (Link) yang merujuk pada atau melalui situs Web Hosting seperti divShare/4Shared/File-Uploads, Anda bisa langsung saja klik kiri (eksekusi) uuntuk melakukan proses download tanpa direpotkan masalah dalam teknik penyimpanan file yang Anda download tersebut.
    Semoga terbantu.

  24. ijin boss, pake tipsnya, skalian tak sebarin ke teman teman yang laen :)

    moga-moga bermanfaat..

    nb:tetep akui cantumkan kok link nya ke punya mas henry :p

    Henry says:
    Silakan, Denmas Putut!
    Mudah-mudahan bisa berguna, Amen.

  25. Yth Mas Henry,
    Mungkin yang saya sampaikan ini tidak lazim. Melihat posting rekan-rekan yang kebingungan menggabungkan pcmav dan clamav, beserta persoalan virus lainnya, saya mencoba memberikan saran sederhana serta menyertakan alamat blog Mas Henry ini. Namun sepertinya komentar dihapus administrator. (mungkin akibat saya pernah mempertanyakan penyelesaian deteksi malware pada pcmav). Saya hanya ingin membantu, melihat kenyataan setiap posting yang masuk di sana tidak mendapat respon.

    Henry said :
    Terima Kasih, Pak, atas usaha Bapak ikut membantu rekan-rekan Kita di luar sana yang membutuhkan bantuan uluran tangan dan keilmuan kita. Tidak masalah seberapapun ukuran keilmuan Kita, selama bisa diperbantukan kepada yang membutuhkan, akan bernilai jauh lebih tinggi daripada Ilmu Tingkat Tertinggi yang tidak pernah digunakan sama sekali untuk membantu mencerdaskan sesama dan memecahkan masalah dunia.

  26. Pak Henry saya mohon ijin download PCMAV 1.0 RC24 dan gimana caranya tks.

    Henry said :
    Silakan, Pak!
    Anda tinggal KLIK saja salah satu dari dua Link URL (“divShare” atau “4Shared”) yang telah saya sediakan pada postingan tulisan saya yang berjudul “PCMAV 1.0 RC24“.
    Jangan lupa tandemkan PCMAV dengan ClamAV untuk optimalisasi PCMAV (penambahan jumlah Virus Signatures secara signifikan).
    Selamat Mencoba.

  27. bos, thanx wat penjelasan gabungan clamav dan pcmav. klo boleh kirim ke email gw cara ngilangin virus lewat manual. pake regedit gitu. biar gw jadi lebih pinter. 1x lgi thx bgt bro. you re the best

    Henry said :

    Salam Kenal, Pak!
    Untuk teknik virus removal (penghapusan virus) secara manual sangat beragam caranya, Pak! Bila pada OS Windows yang sering jadi target mainan para pembuat virus, virus removal-nya tergantung dari perubahan registry yang dilakukan si Pembuat Virus, disamping itu, juga mengingat perkembangan pola penyerangan (pola pengubahan registry) dari para pembuat virus yang seringkali berubah menyesuaikan tren pola penyerangan virus.
    Saya cermati, dari beberapa virus lokal (Indonesia) saja, ada cukup banyak virus yang mengubah Windows registry secara besar-besaran, beberapa virus hanya mengubah beberapa key pada registry (seperti tren utak-atik folder settings sebagai misal), dan bahkan ada beberapa virus yang hanya mengubah sedikit key pada Windows registry. Semakin banyak perubahan pada Windows registry, semakin panjang pula line (baris) pada file virus removalnya yang bisa berupa registry entry (.reg) atau .inf.
    Saya sendiri sudah mencatat dan menyimpan beberapa file virus removal, namun karena jenis dan varian virus terus up-to-date, sebaiknya Anda bisa direkomendasikan mencari virus removal yang up-to-date juga dengan mengunjungi situs vaksin.com.

  28. misi mas ….
    pcmav 24 da bisa digabung ma clamav terbaru lom??

    soalnya wa da coba cara2 diatas lom bisa juga ni…
    yg saya heran di pcmav.rtp kedeteck clamav nya(walau injec gagal molo) tpi pas pcmav.scn nya tetep signature nya ga nambah …

    apa sebab ya??
    catt: main.cvd dan dialy.cvd lengkap mas takarannya >_<

    Henry said :
    PCMAV memang dirancang dengan memanfaatkan ClamWin yang open source untuk mendongkrak kuantitas virus databasenya, jadi tentu saja PCMAV bisa digabungkan dengan Clam AntiVirus.
    Bila Anda telah memastikan bahwa Anda tidak mengalami gagal download (file size utuh/tidak corrupted), dan Anda telah memastikan bahwa seluruh file yang dibutuhkan telah Anda tempatkan pada satu folder, maka kemungkinan masalah bisa ditimbulkan dari penyebab lain seperti OS Anda mungkin; bila Anda menggunakan Win Vista, Win Vista memang belum compatible dengan PCMAV-RTP hingga versi RC24 sekarang ini, atau mungkin juga bisa ditimbulkan karena service(s) dari third-party program(s) yang sedang aktif (running) di memory komputer saat Anda menjalankan PCMAV-RTP. Jadi harap dicek dulu, dan matikan/deaktifkan service(s)nya sebelum Anda mengeksekusi PCMAV-RTP.EXE.
    Semoga menjadi solusi.

  29. mas henry add email saya donk biar isa nanya lewat mail or YM biar lebi paten >_<

    Henry said :

    Terima Kasih atas requestnya, Pak!
    Anda bisa menuliskan pertanyaan Anda di Blog saya ini atau via eMail, siapa tahu dan mudah-mudahan saya berkesempatan dan berkemampuan menjawab pertanyaan Anda.
    Soal YM, kebetulan saya sudah lama sudah/sedang tidak aktif dalam kegiatan chatting, Pak! Mungkin bisa lain waktu, bila saya berkesempatan. Jadi lebih baik via Blog atau eMail.
    Terima kasih.

  30. Mas aku minta tolong kompt ke lagi kejangkitan virus bo2k .axe dengan apa ya kira ngusirnya. Terima kasih

    Henry said :
    Maksud Anda, Malware yang menginap di komputer Anda bernama Bo2k.exe dengan ukuran file 136kb?
    bila benar, Bo2k tidak digolongkan sebagai virus, melainkan trojan yang dikategorikan sebagai Back Orifice 2000 dan bisa digunakan untuk aksi spionase dan remote control.
    Untuk keterangan lebih lanjut serta pembasmian (removal) virusnya, silakan Anda mengunjungi ke alamat ini:
    http://us.mcafee.com/virusInfo/default.asp?id=description&virus_k=10229
    McAfee jelas bisa membasminya, namun untuk AntiVirus lain, saya belum tahu karena kebetulan saya tidak memiliki sample virusnya. Anda bisa coba berantas dengan ANSAV atau PCMAV 1.0 RC24 Update Build1. Siapa tahu membasmi virus tersebut.

  31. Makasih Bung, Anda HanDal seKali…….

    Henry said :
    Terima Kasih Kembali.
    BTW, handal apanya ya? mungkin kalau “handal jepit”, iya :)

  32. mas saya sudah punya semua file yang dibutuhkan,tapi jadinya database virus jadi 308 ribu virus lebih?apa itu benar atau ada kesalahan?main.cvd yang saya pakai adalah versi baru rilis 06 Apr 2008.
    apa ada masalah kalo scan dengan database virus seperti itu?
    file apa saja yang harus ada dalam satu directory biar clamav berjalan sempurna?

    terima kasih…

    Henry said:
    Hingga tulisan ini dibuat, Penggabungan PCMAV versi terbaru (PCMAV 1.2 Update Build2) dan ClamAV Virus Database terbaru ‘hanya’ menghasilkan 271.163+16 Virus Signature, melum mencapai 308 ribu-an Virus Signature, jadi abaikan saja angka PCMAV Virus Signatures pada komputer Anda tersebut. Penulis sendiri pernah mengalami apa yang Anda alami tersebut. Kemungkinan terjadi kekacauan Sub Routine Virus Signature Counter pada PCMAV Engine.
    Coba Anda hapus semua File-File PCMAV maupun File-File ClamAV dari Drive Anda, kemudian Anda Copy Ulang semua File PCMAV dan ClamAV yang ter up-to-date melalui Artikel PCMAV Penulis yang terakhir (PCMAV 1.2 Update Build2 + ClamAV Terbaru) hingga tulisan ini dibuat.

  33. mas database sudah menjadi normal.tapi kenapa setiap akan menjalankan scan, main.cvd selalu minta update?padahal sudah mengikuti link yg mas sediakan.

    Henry said:
    Bilamana telah terdapat/dirilis main.cvd yang terakhir dan lebih baru dari main.cvd yang terdapat pada komputer Anda, tentu secara otomatis PCMAV yang Anda jalankan saat Anda terhubung ke internet akan menampilkan updater dialog box yang berisi link untuk mengupdate main.cvd lama Anda.
    Namun terkadang Penulis pernah beberapa kali telah mengupdate main.cvd ataupun daily.cvd dengan versi terakhir/terbaru, namun PCMAV tetap memunculkan dialog box tersebut. Bila kejadian ini juga Anda alami, tidak masalah, abaikan saja dialog box tersebut. OK

  34. PCMAV SAMA CLAMAV ANTIVIRUS BEGO
    PAKE ANSAV AJA YG BAGUSAN DONG

    Henry said:
    Hehe! Terima kasih atas Komentarnya ya!
    Penulis sendiri sudah coba dua-duanya. Dan karena selalu berlaku hukum kesetimbangan, maka, kedua produk tersebut memang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
    Tapi mungkin ada yang lebih bagus lagi lho! — Kita membiasakan belajar mandiri dalam aktivitas membersihkan virus dengan menggunakan tangan kita sendiri secara menual. Hasilnya seringkali diluar dugaan kita, terkadang berhasil, kadang pula makin ancur deh komputernya, hehe! Ya kalau tidak berani rusak dan cape, kapan pinternya ya?
    Salam!

  35. Abang telah banyak memberi pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Semoga tetap terjaga konsistensi dan integritasnya. Mudah2an Abang bertambah ilmunya untuk kita semua.Amin 1000X

  36. Salam
    Mas hen yang tambah pinter, bisa tidak ya , PC mav sendiri selalu di up date dari situs On line ( down load langsung dari internet ) tanpa harus beli bundle majalah nya dan di jendela utama setelah kita nyalakan comp tidak selalu menanyakan PC mav dinyatakan kedalu warsa dan harus minta di up date.
    kalau bisa kasih tau dong cara dan triknya.
    makasih dan salam dan smoga bang Hen selalu sukses.

    Henry said :
    Terima Kasih, Bung Hady :)
    Saat ini, PCMAV sudah bisa auto-update virus databasenya dengan sebelumnya menampilkan pop-up notifikasi untuk memberitahukan kepada Anda bilamana virus database Anda sudah kadaluarsa (perlu diupdate.red) dan telah tersedia update virus definition terbaru dari PC Media, namun untuk ClamAV, Anda harus melakukan manual update.

  37. cmne nak selesaikan masaalah serangan virus

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

