Friendster dan MySpace MemBlock Flash Hyperlink – Sebuah Ironi Multimedia


————————
BERITA DUKA
————————

Friendster dan MySpace MemBlock Flash Hyperlink – Sebuah Ironi Multimedia

Flash_Logo_01.jpg

Akhirnya, yang saya khawatirkan terjadi juga:
Dengan mengikuti langkah strategis, wajar, namun kontroversial dari MySpace, kini Friendster pun tidak lagi mengijinkan/memBlock (baca: meMATIkan) Hyperlink (Page Shortcut Link) pada File/Data Multimedia Adobe Flash demi alasan Security belaka, yang semestinya tentu bisa diakali (So Many Ways To Rome, kan???).
Jadi bila Kita klik hyperlink yang ada pada Flash File pada kedua social networking sites tersebut, tidak akan terjadi efek apapun, sekali lagi, sudah diMATIkan oleh Friendster & MySpace Admins, entah sampai kapan atau seterusnya.

Dengan penuh rasa kecewa, saya sengaja malas menghapus hyperlinks file-file Flash di Profile page saya, sambil berpikir: Inilah yang disebut Sebuah “IRONI MULTIMEDIA“.
Disaat Multimedia, khususnya Flash sedang berkembang sebagai media interaktif untuk pembuatan Presentasi, Situs, Chat Panel, Greeting, Web Programming/Software, dll, namun dengan mudahnya dimatikan perkembangannya begitu saja.

Untungnya saya menggunakan Friendster baru sebagai sarana pertemanan dan hanya beberapa kali saja untuk melakukan penawaran pembuatan desain flash grafis dan flash presentation, tapi rencana lanjut yang telah saya programkan cukup terganggu, karena saya harus menghapus banyak hyperlink (sekarang dibaca: Dead-Link) pada Flash Project Files saya dengan mengganti old-style link atau html/php link. Sungguh kerepotan yang luar biasa bagi saya pribadi dan para Flasher di dunia.

Bagaimana seorang pemasar atau sebuah perusahaan pemasaran akan beriklan/menawarkan produknya dengan menggunakan media Flash melalui situs forum komunitas rekanan dan sosial (social networking sites) seperti MySpace dan Friendster bila para prospek (pihak-pihak yang mendapatkan tawaran) tidak bisa mengecek halaman2 situs pemasaran tertentu yang sudah diarahkan si pemasar bila link (hyperlink)nya ‘mati’semua (Dead-Link)???
Bagaimana juga kita bisa bertukar informasi dan pengetahuan (knowledge sharing) melalui media Flash dan shortcut Links yang praktis bila linknya mati semua??? Tentu saja informasinya tidak akan sampai kemana-mana.
Kita pun ternyata hanya akan memberikan Dead-Link Downloader pada rekan kita yang meminta sharing (download) data penunjang presentasi flash kita yang sudah kita Hostingkan di divshare.com (misalnya)..
Dead-Links dan terlebih, Presentasi atau Penawaran Kita menjadi sia-sia.

Tidakkah Friendster berpikir bahwa dengan memBlok Flash Hyperlink dengan mendadak tanpa pemberitahuan kepada para Member bisa sama saja dengan MEMUTUS MATA RANTAI KONEKTIVITAS antar Member?
Pemutusan koneksi tersebut tentu akan berdampak negatif bagi Para Member yang menggunakan media Flash dengan integrated hyperlinks sebagai media atau sarana penjalin hubungan dengan Member lain.
Hal tersebut berkecenderungan akan merugikan mereka dari sisi waktu, tenaga, material, maupun kepercayaan konektivitas, bilamana diantara para Member tersebut adalah para pemasar atau mereka yang sudah saling terikat perjanjian untuk melakukan pertukaran data.

Ambil contoh rekaan seperti ini:
Bisakah Anda membayangkan Sebuah peluang usaha yang seringkali hanya berumur sepersekian detik, dan tidak berulang, melayang begitu saja ketika Anda gagal Konfirmasi karena tombol “Confirm” yang seharusnya membawa Anda ke Confirmation Page pada suatu WebPage tertentu, tetapi usaha Anda sia-sia karena Tombol tersebut ternyata ‘Dead-Link‘ button (blocked by MySpace/Friendster)? Dan setelah Anda Konfirmasi by Phone/Fax, ternyata, Confirmation Time is Up? Atau mungkin Tombol “Submit” yang bisa dikatakan sebagai Eksekutor tentunya tidak bisa lagi dipakai alias Mubazir.

Dugaan saya, seperti MySpace pada beberapa waktu yang lalu, Friendster pun habis kena serangan Hack beberapa kali, sehingga timbul policy kontroverisal tersebut.

Bila Anda seorang penggemar atau pecandu Flash yang ikut prihatin dengan Policy Friendster & MySpace Teams tersebut, mari kita cari jalan keluarnya sendiri saja, karena dengan “Tanya Kenapa” kepada Friendster & MySpace Teams, seperti biasa, tiada tanggapan dan tidak akan pernah berguna.

Salam Duka

One Response

  1. menurut saya hal itu tidak salah.. toh yang dilakukan pihak friendster dan myspace adalah untuk para pengguna nya juga.

    kita diberi kebebasan menyimpan message, mencari teman, dan lain2 tanpa dikenakan biaya itu sudah bagus. yang salah adalah penggunanya yang seringkali mempergunakannya untuk hal yang tidak semestinya. juga bagi anda yang mempergunakannya untuk bisnis, hal tersebut semestinya sangat riskan. mengingat friendster semestinya digunakan untuk hal-hal remeh semacam pergaulan. saya pribadi yakin, pihak tim friendster mengalami kerepotan yang melebihi anda ketika terkena keisengan para hacker. daripada berdebat mengenai keuntungan sendiri, bukankah ada jalan yang lebih praktis? mengapa anda tidak mencari saja website lain sebagai media penyimpanan flash, sedangkan tetap menggunakan friendster sebagai sarana penyebaran link flash tersebut… salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: