BLACK HAT, WHITE HAT, and GREY HAT (Why People Easily Blame Hacker — Not ‘Black Hat’ Hacker?)


BLACK HAT, WHITE HAT, and GREY HAT
(Why People Easily Blame Hacker — Not ‘Black Hat’ Hacker?)

Saya begitu heran kenapa Banyak (mungkin Kebanyakan) Orang begitu mudahnya mengatakan bahwa Sosok seorang “Hacker” adalah sosok PENJAHAT INTERNET (CYBER CRIMINAL), dan begitu mudahnya mereka mengatakan bahwa Aktivitas meng-Hack (HACKING ACTIVITY) adalah Tindakan Merugikan Publik/Individu, Buruk, dan Sampah Busuk yang tak berguna. Tapi LUCUnya dan KONTRADIKSInya, banyak diantara mereka membutuhkan dan memakai TWEAKING Software pada komputer Windowsnya, yang umum saja seperti: Tweak Memory, Tweak VGA, Tweak Interface, Boost System, dsb, bahkan mereka menggunakan Tweaking Tools untuk hal-hal yang sederhana, yang sebenarnya banyak dilakukan dengan teknik edit/modifikasi (baca: hack) Windows Registry. Mungkin mereka tidak menyadari bahwa TWEAKING itu sama saja dengan HACKING ACTIVITY. Kadang-kadang tanpa mereka sadari, mereka  telah melakukan HACKING ACTIVITY saat mereka mencoba mengutak-atik konfigurasi Default Settings pada menu Option/Preferences sebuah Software sesuai keinginan mereka. Hmm ANEH tapi NYATA ya?🙂 Sepertinya hanya masalah pengetahuan/pemahaman saja.

Para pakar computer security seperti System Administrator seringkali dijadikan ‘kambing hitam’ bila terjadi kebocoran sistem pada server maupun host computer. Terkadang mereka yang sebenarnya memiliki pekerjaan sebagai TroubleShooter seringkali dengan mudahnya dianggap (dituduh) sekaligus sebagai TroubleMakernya. Ilustrasinya: Seorang System Administrator pada sebuah perusahaan mungkin saja beraksi ‘cari muka’ kepada Bosnya dengan melaporkan bahwa Ia telah menemukan exploit attack pada server perusahaannya, yang sebenarnya dia sendiri attackernya, dan dengan bangga menceritakan kepada sang Bos bahwa Ia berhasil menjinakkannya. Mungkin harapan Sang Admin, agar jabatan dan/atau gajinya dinaikkan sang Bos berkat Kecemerlangan Prestasi Palsu-nya itu.

Tidak heran bila sekarang mayoritas penduduk dunia pengguna komputer sangat membenci apa yang disebut dengan “Hacker”, padahal setahu saya, yang orang awam ini, sampai sekarang mayoritas dari mereka tidak erti/paham betul tentang arti sejati Hacker sejatinya, sampai-sampai para Vendor Security dunia pun ikut-ikutan terbawa arus dengan menyebut Hacker sebagai Sosok Negatif yang bersifat merugikan. Contohnya: Begitu mudah Para Programmer Dunia di bidang security dengan bangga dan tegas mempromosikan Security Products mereka dengan menggunakan jargon-jargon seperti “ANTI HACKER” atau “PROTECT YOUR COMPUTER FROM HACKER”, dsb. Padahal mereka mestinya tahu siapa itu Hacker (yang sejatinya adalah “SYSTEM ANALYST and ADMINISTRATOR“, tentu saja para vendor program security yang tentunya pakar security itu Hacker juga kan?, dan mereka mestinya juga tahu bahwa Hacker pun masih dibagi menjadi dua kategori (official) dan tiga kategori (unofficial):

  1. WHITE HAT” (Hacker yang menguntungkan publik/individu) — Kalangan System Analyst and Administrator. ETHICAL HACKER digolongkan dalam kategori ini,
  2. BLACK HAT” (Hacker yang merugikan publik/individu), dan
  3. GREY HAT” (Hacker yang menguntungkan sekaligus merugikan publik/individu — Inilah Hacker dengan Kepribadian Ganda — kemungkinan dalam tahap/proses pengembangan diri dan penemuan jati diri, atau juga sosok dengan kepemilikan kejiwaan dan kepribadian yang belum/tidak stabil).

Siapapun diantara Anda yang layak disebut atau menyebut diri sebagai Hacker:

“What Kind of Hacker Type You Are, is completely What You Think and Do

“A Good Skill Means Nothing If It Makes People Hurt,
A Good Skill Means Everything If It Becomes People’s Heart”

Bila Keilmuan Hacking Anda ibarat Pisau Tajam yang terus diasah, hanya Anda sendirilah si pembuat keputusan, bagaimana Anda mempelajarinya, mengaplikasikannya, dan mengembangkannya, dan akan Anda gunakan untuk Apa Pisau Keilmuan Anda tersebut bagi Anda sendiri dan/atau bagi orang lain. Namanya Pisau, bisa Anda gunakan untuk kebaikan sebagai pemotong daging dan sayuran untuk santap makan malam keluarga, atau untuk kejahatan, sebagai pemotong ‘leher’ orang banyak, sekaligus sebagai pemotong moralitas dan kejiwaan humanis Anda, serta masa depan Anda sendiri.

Bila Anda seorang WHITE HAT, baik kalangan NewBie atau bahkan yang sudah bertitle CEH (Certified Ethical Hacker), biarkan saja Celotehan dan Makian, serta Tuduhan tak beralasan yang ditujukan kepada Anda, dengarkan saja dengan telinga, jangan dengan hati🙂 .

Salam

One Response

  1. Duuhhh… Saya sampe terenyuh baca postingannya…
    Tadi ngga sengaja… Jalan jalan nyari AV untuk U3 saya…
    Ehhh… Liat rumah sampeyan yang asyik…
    Banyak membantu saya memahamin U3…
    Maklum masih nubie… Mohon bimbingan yahhh…

    Salut buat pemikirannya soal hacker…

    “If You’re a Good Hacker, Everyone Knows Your Name”
    “If You’re a Great Hacker, No One Knows Who You Are”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: