Winamp 5.5 – Edisi Khusus Pesaing iTunes 7.3 dan Windows Media Player 11


Winamp 5.5 – Edisi Khusus Pesaing iTunes 7.3 dan Windows Media Player 11

http://www.winamp.com

WinAmp_Media_Player_small.jpg

Bagi Para Pecinta Winamp, Anda pasti Senang dan Bangga dengan kehadiran Winamp Baru ini.
Winamp versi 5.5 adalah Winamp versi terbaru dan spesial yang sengaja dilaunching bertepatan dengan Winamp 10th Anniversary ini hadir dalam kemasan lebih cantik dan lebih baik dari versi-versi pendahulunya.
Lahirnya Winamp Versi 5.5 merupakan evolusi terbesar dalam sejarah Winamp, karena tekhnologi dan interfacenya sudah mengadopsi ‘gaya’ tekhnologi modern.

Fitur Baru pada versi ini yang paling menonjol adalah:
1. Album Art
2. New Bento Single UI Skin
3. Winamp Remote
4. Winamp Toolbar
5. Auto-Tag files

Album Art adalah Gambar Song Album yang menyertai lagu,
Bento Single UI Skin adalah Kulit interface Winamp yang berupa Complete/Total Arrangement In One Window Only yang cukup cantik dan elegan,
Winamp Remote adalah fitur interaktif untuk media streaming lagu melalui internet dengan menggunakan integrated Browser dan Konsol-Konsol Game seperti Wii, PS3, and Xbox 360.
Winamp Toolbar adalah Media Kontrol untuk Musik melalui Toolbar yang terpasang pada Internet Browser, mirip FoxyTunes.
Auto-Tag files adalah Fitur Otomatisasi Update Metadata pada File Musik.

WinAmp_Remote_small.jpg

Satu hal yang disayangkan: lagi-lagi fitur “Song Lyrics” yang sudah menjadi standar Media Manager ternyata belum/lupa disertakan pada versi ini.

Menurut pengalaman penulis dalam penggunaan Winamp versi 5.5:
Fitur-fitur tersebut di atas OKE, hanya Annoying Ads yang melelahkan mata pada fitur Winamp Remote.
Untuk urusan Sinkronisasi dengan Portable Multimedia, saya mencoba iPod (5G Video 80GB),
dan hasilnya bisa dikatakan cukup lancar dan baik, hanya menurut saya, belum ada yang lebih baik, smart, dan nyaman daripada Apple iTunes (ya memang pasangannya sih🙂 ).

Dugaan logis saya, Keberadaan Fitur baru tersebut adalah 100% mengadopsi Apple iTunes yang sudah cukup lama mengaplikasikan fitur-fitur tersebut, dan juga mengadopsi pengekor setia Apple iTunes — Windows Media Player (WMP) yang mulai versi 11 sudah mengaplikasikan fitur-fitur tersebut.
Saya sendiri heran kenapa Winamp, yang menjadi pelopor MP3 Player for Windows dan sangat populer di kalangan pengguna Windows sangat-sangat terlambat dalam penerapan fitur-fitur yang sudah bisa dibilang Standar tersebut.
Inilah yang menyebabkan saya sudah lama meninggalkan Winamp dan beralih ke Apple iTunes, the best Multimedia Manager ever, No doubt to say this words.

Namun begitu, daripada berpikir mandiri namun tidak/kurang berkembang dan akhirnya mati, jauh lebih baik berpikir logis untuk meneladani contoh yang baik.
Mungkin itu juga yang menjadi pemikiran pakar-pakar multimedia di belakang layar software Winamp setelah melihat kualitas softwarenya semakin kalah dibanding Apple iTunes maupun Windows Media Player.

Compact Player Winamp 5.5 cukup Keren:

WinAmp_Media_Compact_small.jpg

Perbandingan Kualitas, Interface, dan Kemudahan Penggunaan (User Friendly):

Kualitas (Compatibility, Managing, Speed, Sync, Online Features Implementation, and Crash & Trouble Protection):
– Winamp 5.5                          : 7
– Windows Media Player 11 : 7
– Apple iTunes 7.3.2.6           : 9

Interface:
– Winamp 5.5                          : 7
– Windows Media Player 11 : 8
– Apple iTunes 7.3.2.6           : 9

Kemudahan Penggunaan (User Friendly):
– Winamp 5.5                          : 9
– Windows Media Player 11 : 7
– Apple iTunes 7.3.2.6           : 9

Total Point:
– Winamp 5.5                          : 23
– Windows Media Player 11 : 22
– Apple iTunes 7.3.2.6           : 27

Download Links:
Download Winamp (8.06 MB / 8,454,584 bytes) bisa lewat SINI
Keterangan: Winamp Remote NOT Included, jadi bila Anda menghendakinya, Anda harus melalui proses auto-download Winamp Remote dalam proses instalasi WinAmp 5.5.

Kesimpulan:
Winamp versi 5.5 merupakan Media Player yang kehadirannya bisa disejajarkan dengan iTunes 7.3 dan Windows Media Player 11. Winamp makin meramaikan perebutan pasar para maniak/penikmat musik. Dan mungkin saja kehadiran versi fenomenal ini akan ‘mengembalikan’ para pecintanya yang ‘sempat hilang’🙂
Salute To Winamp, Long Life Winamp!

Salam

10 Responses

  1. Kewl…!!
    Aku uda coba Mas!
    Sip, Bro!!!!
    Winamp is de best of the best!

  2. mas .. saya mau donk itunes nya .. berdasarkan penilaian mas henry di atas, itunes masih selangkah di depan winamp 5.5 ini ..
    tapi saya tidak punya ipod .. hehehe .. (harree geeneee?!) bisa gak di download ..?? klo bisa tolong ya mas kasih tau saya link2 nya ..

    maap ya mas klo pertanyaan saya ganggu .. or menuhin comment ..!!

    hehehe ..

    maklum ..

    ???

    Henry says:
    Bagi saya, iTunes masih 2 langkah lebih jauh meninggalkan para kompetitornya dilihat dari kualitasnya, kecerdasannya, kecantikannya, dan kemudahan penggunaannya (user friendly), yang lain biasanya hanya mengekor saja. Meski begitu, Winamp 5.5 dan Windows Media Player 11 merupakan kompetitor terberat iTunes. Dan Winamp merupakan Living Legend-nya para pengguna Windows, Winamp memang Mbahnya MP3 player di komputer:mrgreen:

    Mau Download iTunes terbaru — iTunes 7.5 (Plus QuickTime Terbaru — QuickTime 7.3)?
    ini URL-nya: http://www.apple.com/itunes/download
    Harap Diperhatikan: Ukuran File iTunes Setup-nya cukup besar (51,81 MB)

  3. Halo Henry,
    Salam kenal..
    Saya sudah install Winamp 5.5, dan sudah mencoba fasilitas auto tag-nya. Setelah beberapa kali saya coba auto tag tsb, eh malah fasilitas file info editor (Alt + 3) bawaan si Winamp jadi berubah sederhana banget.. Tidak ada lagi fasilitas ID1, ID3 kayak dulu.. Apanya yang salah yach? Apa ini termasuk bug?

    Comment saya terhadap Auto Tag:
    Tetap hati-hati menggunakan Auto Tag, karena beberapa kali saya menemukan bahwa file lagu saya tidak bisa dikenali😦 atau salah identifikasi. Hal ini terutama kalau kita mendapatkan source lagu hasil ripping dari kaset/ PH.
    Hehehe, ternyata apa yang dikatakan si Gracenote (sebagai penyedia database) bahwa ada fasilitas identifikasi sinyal secara cerdas dapat mendetect info suatu lagu, tidak sepenuhnya benar.
    Tetap saja ada batas-batas tertentu ketersediaan data di databasenya… So,.. hati-hati, jangan terlalu percaya Auto Tag.

    Oya, saya baru ketemu satu bug lagi : fasilitas auto tag tidak jalan kalau saya pakai skin bento bawaan winamp 5.5.

    Henry says:
    Halo Bung Ali,
    Salam Kenal juga.
    Terima Kasih.

    Kebetulan saya tidak/belum menemui masalah yang Anda alami.
    Coba Cek Winamp Preferences (Menu Options -> Preferences), Go To “Media Library” -> “Local Media”, Pastikan Box pada tulisan “Display ‘Show Info’ in media and album views” tercentang (Checked).
    Namun bila ID Tag Windownya tetap belum mau muncul: Coba Tekan Alt+L (View Media Library), Klik kanan sebuah lagu dan pilih View File Info atau Tekan Alt+3 (View File Info/ID Tags). Pada dasarnya tidak perlu mengubah dulu ke View media Library, langsung tekan Alt+3 saja, untuk Refresh media saja.
    Bila Perlu, Ubah Theme ke selain Bento (default), lalu setelah di-Apply, ubah lagi ke Theme Bento, lalu lakukan yang tertulis diatas.
    Masih belum muncul? Sebagai senjata pamungkas, Instal kembali Winamp Anda😀

    Memang Masalah ID Tag (Info) dari Lagu atau Video File sejak dulu sampai tulisan ini dibuat selalu dan masih saja menjadi masalah, dimana ID Tag yang telah dibuat oleh Software A tidak bisa dikenali dengan sempurna atau bahkan tidak bisa dikenali sama sekali oleh Software B/C/D/dst. walaupun Software-Software tersebut sudah mendukung fitur ID Tag Writing/Editing dan Recognition. Kemungkinan masalah ini adalah tiap-tiap Software tersebut di atas memiliki Karakteristik Pembuatan (Writing) dan Penyusunan (Arranging) ID Tag sendiri-sendiri sehingga anatar Software terlihat tidak compatible satu sama lain.
    Saya sendiri lebih mengandalkan iTunes (yang sampai tulisan iini dibuat versi terbarunya iTunes 7.5) dalam writing/editing Multimedia Files ID Tag dikarenakan kemudahan operasional maupun kelengkapan databasenya.
    Namun ID Tags dari iTunes tidak bisa dibaca sempurna oleh Software-software Multimedia Player seperti Winamp 5.5, Windows media Player 11, RealAudio 10, dll. maupun Software-Software Audio Editor seperti Cool EditPro 2.1, Sony SoundForge 9, Audacity, dll.
    Saya sendiri heran kenapa tidak ada standarisasi Internasional perihal ID Tag Multimedia File seperti Setting Kualitas Lagu (misalnya – bitrate, sample rate, dll) sehingga tampilan ID Tag sebuah lagu dari satu software tampak cacat atau tidak bisa dikenali oleh Software sejenis lainnya.

    Sebagai Catatan, Pastikan tulis dan susun ID Tag versi 3 ke atas terutama untuk kekomplitan databasenya seperti Display Album Art (Album Cover Image) dan Additional ID Tag Items yang tidak umum, tentu dengan Resiko tidak bisa dibaca dengan sempurna oleh Software-Software lain, terutama bila Software-Software tersebut tidak/belum mendukung ID Tag versi 3 ke atas.
    Bagi saya lebih baik pakai ID Tag Versi 3 Ke atas, sedangkan Software-Software yang tidak bisa mengenali ID Tag versi 3 ini, dicuekin saja atau dibuang saja, karena sudah kuno ya😀

    Untuk menghindari Software lain memodifikasi ID Tag yang telah saya ‘repot-repot’ susun dengan iTunes, biasanya saya set Multimedia File attribute-nya menjadi Read-Only.

    Terima Kasih atas Infonya.

  4. Thank U, mas Henry..
    Ternyata tidak perlu sampai menurunkan ‘senjata pamungkas’. Hanya cukup buka kembali Option -> Preference terus Close. Karena saya sudah centang Display ‘Show Info’ in media and album views”. Rupanya ada bug kecil ketika ganti-ganti skin ini, terutama dari Modern/Classic ke Bento.
    Thank’s for your advise…

    Henry says:
    Ya syukurlah kalau begitu.
    Terima Kasih Kembali Pak Ali.

  5. maksih banyak atas bantuan softwere nya. akui baru coba nich.

    Henry says:
    Terima Kasih Kembali Mas!

  6. Heiii…

    kakak2….trima kasih atas infonya!!!! (^^,)

    Henry said :
    Terima Kasih Kembali.

  7. mantap…banget…..
    kamu ada gak winamp + lyrics…?
    kalau ada kasi dong saya…
    kirim aja ke E-mail saya aja ya..oke..
    terima kasih sebelumnya…hehehehe

    Henry said :
    Terima Kasih Kembali, Pak!
    Namun, Maaf, kebetulan saya tidak punya Winamp + Lyrics, Pak! Adanya hanya Winamp Setup seperti yang bisa Anda download langsung dari situs resmi Winamp.
    Setahu saya, Winamp 5.5 tidak memiliki fitur menampilkan Lyric Lagu, mudah-mudahan pengetahuan saya yang salah, karena saya sendiri jarang menggunakan Winamp, hanya dipakai untuk ‘obat kangen’ saja, jadi kita sendirilah yang ‘terpaksa’ mengisi Lyric sembarang lagu secara manual. Saya sendiri sangat-sangat heran sekali, setiap kali saya membeli lagu original dalam keping digital, kebetulan saya belum pernah menemukan satupun lagu yang sudah terisi Tag Lyrics-nya.
    Hare Gene, Lagu tanpa Album Art, Lyrics, dan Tags lainnya? Yah.. kita memang masih hidup di jaman batu ya!🙂
    Kalau Anda seperti saya yang suka utak-atik Tag MP3 dengan mengisi berbagai macam Tags termasuk Lyrics lagu, kalau boleh saya menyarankan, gunakan saja The Best Audio Player ever: Apple iTunes, yang hingga tulisan ini dibuat, versi terbarunya 7.5.
    Soal Display lyric lagu, sayangnya, iTunes tidak bisa menampilkan Lyric lagu secara otomatis saat lagu dimainkan seperti halnya Windows Media Player 11.
    Dan keunggulan Winamp: secara otomatis bisa menampilkan lyric Lagu-Lagu instrumental berformat MIDI secara interaktif yang sedang dimainkan dengan mengikuti ketukan dan syair lagu layaknya Karaoke.

  8. saya lupa e-mail saya belum saya kasi..
    ini mail saya bang… agoycs@yahoo.com

  9. ok bangeeett

  10. oooooouuuuuuuukkkkeeeeeeyyyyyyyy bgt

Leave a Reply

