McAfee Site Advisor (Masih) Warning ‘Situs’ PCMedia


McAfee Site Advisor (Masih) Warning Situs PCMedia

Seperti kita ketahui, McAfee memiliki sebuah Security Program bernama McAfee Site Advisor, yakni Program Panduan User Untuk Analisa Keberadaan Malware/Threat pada Website. Program ini terintegrasi (optional) dalam McAfee Internet Security 2007 dan McAfee AntiVirus 2007. Program yang sangat bagus dan penting, serta sangat direkomendasikan untuk diinstal pada komputer yang seringkali digunakan untuk kegiatan browsing di internet ini, akan memandu para peselancar di dunia maya untuk mengetahui keberadaan Malware/Threat seperti Spam/Trojan/Addware/Spyware/dll. pada suatu website dengan Menandai Link Sembarang Website pada Internet Search Engine’s Search Result Window:

McAfee_SiteAdvisor_Screenshot_small.jpg

McAfee Site Advisor akan memberikan Ikon Tanda: “Tanda Centang”, “Tanda Silang”, “Tanda Seru”, dan “Tanda Tanya” pada Link-Link/URLs dengan keterangan sbb.:
Tanpa Warna dengan Ikon Tanda Tanya/Question Mark:
= Situs belum sempat dikunjungi McAfee Team
Warna Hijau dengan Ikon Tanda Centang/Check Mark:
= Situs Aman untuk dikunjungi, serta Aman bagi pengunjung untuk melakukan Browsing, Registration, LogIn/Sign Up, ataupun Data Transferring (Uploading/Downloading/File Sharing), etc..
Warna Kuning dengan Tanda Seru/Exclamation Point:
= Situs Tidak Terlalu Aman untuk dikunjungi karena mengandung Malware yang cukup mengganggu pengunjung.
Warna Merah dengan Tanda Silang/Cross Sign:
= Situs Tidak Aman/Berbahaya/bersifat mengganggu bila dikunjungi karena mengandung Malware/Malicious Script(s) yang bisa menginfeksi komputer Pengunjung dan/atau mengganggu Pengunjung.

Yang sedikit mengherankan (mungkin lebih tepat dibaca: memprihatinkan dan menyedihkan), McAfee Site Advisor tidak hanya ‘gemar’ melakukan False Alarm (kesalahan triggering dalam pendeteksian Threats) pada PCMAV milik PCMedia, namun ternyata juga melakukan ‘Visiting Warning‘ pada ‘situs’ PCMedia (pcmedia.co.id) dengan menyampaikan Analisa bahwa Website PCMedia mengirimkan spam mail kepada para Registrant-nya, serta mengirimkan email address para Registrant ke publik di internet, yang beresiko dan memungkinkan terlihat para spammers serta resiko dilakukannya aktivitas spamming. Ilustrasi dalam bentuk screenshot seperti tampaq di bawah ini:

McAfee_Site_Advisor_On_PCMedia_HomeSite_small.jpg

 

McAfee_Site_Advisor_On_PCMedia_HomeSite_2.jpg

Harapan saya, mudah-mudahan Baik PCMedia maupun Mcafee segera mengadakan komunikasi yang diadakan secara rutin dan berkala untuk mengeliminir anggapan publik (termasuk saya) bahwa PCMedia dan McAfee ‘tidak/kurang akur’ (baca: kurang compatible). Mudah-mudahan Mereka bisa makin akur ya, wong tujuannya sama, boleh berkompetisi, tapi seyogyanya saling mendukung (support) demi tercapainya tujuan keamanan bersama, bukan ‘jeruk minum jeruk’. Amen.😀

CATATAN:

Saya Menyebut Situs PCMedia dengan tanda petik (‘situs’) karena saya tidak tahu persis apakah situs tersebut benar-benar resmi milik PCMedia. Setahu saya, OFFICIAL SITE PCMEDIA di http://www.virusindonesia.com yang menurut McAfee adalah Safe Website. Bila ada kesalahan pada isi postingan ini, saya Mohon Maaf kepada PCMedia dan Para Pembaca, dan Mohon Dikoreksi. Terima kasih

Salam

One Response

  1. Bos Henry, pcmav rc 21 bagus gak yo, karna yg 15 sering macet?

    Henry said :
    Cukup Bagus Pak, hanya sebaiknya Anda segera update PCMAV 1.0 RC 21 Anda ke PCMAV terbaru, yakni PCMAV 1.0 RC23 Update Build1 + Database ClamAV Terbaru, dan Anda bisa download di SINI.
    PCMAV merupakan salah satu AntiVirus yang makin populer dan cukup handal dalam membasmi Virus-Virus khususnya virus buatan lokal (Indonesia) yang kian merajalela.
    Namun namanya buatan manusia, ibarat tiada gading yang tak retak, tidak ada satupun program antivirus yang dianggap paling hebat & terkenal sekalipun bisa membasmi semua Virus yang beredar di jagad raya ini, demikian juga dengan PCMAV yang terus dikembangkan dengan mengikuti perkembangan Virus Dunia yang sangat cepat dan menggila.
    Sebagai ctatan: Saya sudah test PCMAV 1.0 RC23 Update Build1:
    1. Pada Win.XP Pro: hasil: CLN dan RTP Oke (tidak ada kendala berarti seperti kompatibilitas atau macet program)
    2. Pada Win.Vista Business, Home Premium, dan Ultimate Edition: hasil: CLN Oke (tidak ada kendala berarti seperti kompatibilitas atau macet program), namun RTP-nya terkadang Crash. RTP PCMAV memang terbukti belum kompatibel dengan Win.Vista. Jangan-jangan Anda juga menjalankan PCMAV di Win.Vista, hingga macet program?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: