NOSCRIPT – Adds On Penghemat Pulsa HP Sekaligus Penjaga Keamanan Browsing


NOSCRIPT – Adds On Penghemat Pulsa HP Sekaligus Penjaga Keamanan Browsing

NoScript.jpg
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/722

Judul di atas memang kelihatan janggal. Iya, sengaja saya balik antara “Penjaga Keamanan Browsing” dan “Penghemat Pulsa HP” karena topik inti pembicaraan di Posting ini bukan Noscript sebagai “Penjaga Keamanan Browsing”, tetapi “Penghemat Pulsa HP”🙂 .

Seperti kita, ketahui NoScript adalah Mozilla Firefox’s Security Adds-On yang sangat populer dan sangat tangguh dengan kegunaan sedikit mendetail sbb.::

  1. Otomatisasi dalam Scan dan pemblokiran Java Script dan beragam sembarang Executable Scripts lain yang sering digunakan oleh kebanyakan Website (termasuk Google dan Yahoo sekalipun),
  2. Efisiensi dalam Browsing — Mempercepat Loading Time suatu Website dengan melakukan Multi Blocking secara Parsial (terpisah-pisah) terhadap JavaScript dan sembarang Executable Scripts pada sembarang Website, sehingga misal Obyek-Obyek seperti Adds (Iklan) yang mengandung blocked scripts telah terblokir, pengunjung bisa lebih aman dan nyaman dalam mengakses konten inti (Text) sebuah website tanpa terganggu Adds ataupun Loading Time hanya untuk Adds tersebut,
  3. Berkaitan dengan No. 2 di atas, NoScript akan membatasi dan mengurangi jumlah data yang ditransfer, terutama pada proses browsing/opening sebuah halaman Website. Selain Efisiensi, secara otomatis meringankan beban CPU Anda yang sudah terlalu sibuk bekerja😀 , serta menghindari penyimpanan dan penumpukan Cache Files/Temporary Internet Files/Cookies dalam hardisk Anda. Ini juga berguna untuk penghematan Disk Space dan Keamanan dalam Browsing. Siapa tahu, kehadiran Script nakal yang berjalan dibuat buat nyolong/digging file-file ‘sampah’ browsing internet Anda tersebut.

NoScript akan membantu Anda dalam memilih secara parsial dan menentukan script-script dan/atau weblinks mana yang akan Anda perkenankan untuk aktif/berjalan/run pada sebuah Website yang sedang Anda dikunjungi.

Lalu, Apa hubungannya NoScript dengan Pulsa CDMA/GSM?

Tentu saja hubungannya sangat erat, dengan catatan bila Anda menggunakan jalur CDMA/GSM dengan menggunakan Volume Base Option untuk akses Internet, dimana koneksi internet dilakukan tanpa perlu registrasi, seperti misal dalam penggunaan SIM Card “Fren” Pra Bayar sebagai sarananya.

Sesuai dengan namanya, Volume Base merupakan menu opsi, selain opsi Time Base, dalam teknis koneksi internet dengan menggunakan jalur CDMA/GSM, dimana saat Anda browsing di internet, deposit Pulsa Anda di HP Anda akan didebet (dikurangi) sebesar jumlah data yang ditransfer pada Internet Browser Anda saat Anda melakukan browsing ataupun data downloading/uploading/sharing berdasarkan Tarif Transfer Data dari Operator Selular ybs.. Sebagai informasi, misal Operator Mobile 8 mengenakan Tarif Koneksi sekaligus Tarif Transfer data di Internet dengan Fren sebesar: Rp 5/KB (KiloByte).

Apakah Anda tidak merasa ngeri setelah Anda menyadari pola tarif perhitungan tersebut ? Kenapa ngeri? Ya, karena bisakah Anda minimal membayangkan, syukur-syukur bisa menghitung secara eksak, berapa Byte/KiloByte hanya untuk mengakses salah satu situs yang mungkin paling ‘bersih dan sederhana’ seperti Google Image Search Lihat pada halaman tersebut, bisa dipastikan hanya gambar Logo Google (yang berlokasi di: http://images.google.co.id/intl/en_ALL/images/images_hp.gif) lah yang paling menghambat page loading time, walau terbilang kecil file size and transfered data-nya, namun sudah diatas 5KB, tepatnya 9.05 KB (9270 bytes) yang artinya lebih dari Rp 5,-.

Lalu, Berapa Rupiah yang akan Anda buang/anggarkan hanya untuk mengunjungi situs yahoo.com/yahoo.co.id yang penuh pernak-pernik gambar (image/buttons/dll.) yang cukup boros dalam transfer data rate and amount, tanpa atau belum dihitung anda akan LogIn untuk menggunakan fasilitasnya seperti Yahoo! Mail, My Yahoo!, YahooGroups, dll. Apakah bila Anda pemilih opsi Volume Base Tariff, pernah pula membayangkan berapa biaya yang harus Anda bayar hanya untuk menunggu lamanya page loading time dengan puluhan script dan koneksi link-link yang berlalu lalang pada sebuah Website saja, yang benar-benar akan menguras pulsa Anda? Dengan bantuan NoScript, Anda bisa memilih Pemblokiran script-script pada Ads/Iklan yang kebanyakan menggunakan Animated Image ataupun Still Image atau memblok Website lain yang melakukan otomatisai koneksi dengan sebuah Website yang sedang Anda kunjungi (misal: dalam bentuk PlugIns/Widget pada Website tersebut). Pemblokiran ini untuk mengurangi jumlah data yang ditransfer saat proses browsing (opening) Website tersebut, yang dengan kata lain, sekaligus Mengurangi Biaya Transfer Data Yang Dirogoh Dari Pulsa HP Anda. (Jadi ini mungkin bisa ditambahkan sebagai nomor urutan ke-4 dari Kegunaan NoScript🙂 ).

Intermezo: Bila Anda sering melakukan Transfer Data, browsing ataupun data downloading/uploading/sharing, Opsi Volume Base Tariff bukanlah pilihan tepat, sebaiknya gunakan Volume Base Tariff untuk mempermurah biaya akses internet. Tetapi bila Anda nekat, coba minta tolong NoScript buat sedikit meredam akibat dari kenekatan Anda😀 .

Salam

3 Responses

  1. hi, no script bisa dipakai dibrowser apa ajah yah? (selain flock, seamonkey, netscape, firefox) soale lagi perlu semua browser yang bisa dipakein noscript…thank’s

    Henry said :
    Salam Kenal juga, Pak!
    Mohon Maaf tidak bisa menjawab pertanyaan Bapak karena Kebetulan saya malah baru sempat pake NoScript pada Firefox, Flock, dan SeaMonkey saja. Memang NoScript support untuk Web Browser-Web Browser tersebut. Netscape bahkan belum pernah saya coba karena saya sudah lama tidak menggunakan Netscape lagi. Sedangkan Internet Explorer tidak support NoScript.

  2. hi, no script bisa dipakai dibrowser apa ajah yah? (selain flock, seamonkey, netscape, firefox) soale lagi perlu semua browser yang bisa dipakein noscript…thank’s

  3. sory nich bang bila agak extrem dikit…. sering aku pas browsing nemukan iklan atau situs2 yg menjanjikan tip/trik koneksi internet gratis…pa bener ya bang..?
    klo bang henry punya tlg bagi2 dong buat kita.
    Kebetulan aku sendiri msh pake speedy yg …waduh bandwidthnya kadang drop banget dan yg jelas mahal (untuk ukuran aku).
    Mohon petunjuknya…
    Thank bang sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: