Delapan Faktor Penyebab PCMAV dan ClamAV Mogok Kerja


Delapan Faktor Penyebab PCMAV dan ClamAV Mogok Kerja

Dikarenaken mangkin banyaknya daripada Sodara-Sodara Pengunjung Yth. yang menanyaken dan mengeluhken PCMAV + ClamAV yang ‘mogok kerja’ alias tidak mau berjalan atau tidak berjalan sempurna pada sistem komputer mereka setelah mereka mendownload file-file PCMAV + ClamAV dari Blog daripada saya ini ataupun langsung menjalanken dari DVD bawaan daripada PCMedia, maka perkenanken saya merangkum daripada permasalahan tersebut di atas menjadi satu postingan tulisan daripada di bawah ini sebagai ringkasan jawaban daripadanya😀 .

Biasanya, faktor penyebab ‘mogok’nya PCMAV dan ClamAV yang saya alami dan ketahui adalah:

:: Masalah ::

  1. Masalah Kompatibilitas dengan Operating System (OS) pada local host computer,
  2. Masalah Kerusakan file PCMAV dan ClamAV (corrupted/damaged file(s)),
  3. Masalah Ketidakjelasan Asal/Sumber file PCMAV dan ClamAV yang dipasang dan dijalankan di komputer, yang kemungkinan file PCMAV dan ClamAV Palsu tersebut bisa mengandung Malware (Virus/Worm/Trojan) sehingga tidak hanya menggagalkan proses proteksi komputer, namun sebaliknya malah akan menginfeksi komputer,
  4. Masalah Pemblokiran file PCMAV dan/atau ClamAV oleh Virus (baca: pembuat virus) yang cukup mengenal baik PCMAV dan ClamAV, untuk melancarkan serangan Virusnya,
  5. Masalah Pemblokiran (baca: False Alarm) file PCMAV dan/atau ClamAV oleh AntiVirus lain seperti AVG dan avast!, dan
  6. Masalah Pemblokiran file PCMAV dan/atau ClamAV oleh Admin kantor (Admin gila yang tidak tahu pentingnya keamanan).
  7. Masalah Tidak adanya Pola Rutinitas dan Kontinuitas dalam mengUpdate PCMAV maupun ClamAV.
  8. Anda tidak punya PCMAV maupun ClamAV untuk dipasang dan dijalankan😀

Kedelapan Faktor tersebut di atas itulah yang menjadi kerikil pengganjal laju perjalanan PCMAV dan ClamAV untuk bisa memproteksi komputer Anda dari serangan Malware.

:: Solusi (Sesuai Urutan Penomoran di atas) ::

  1. PCMAV was made for Windows. Kebetulan saya sempat menguji coba PCMAV 1.0 RC21 + ClamAV dengan 166.186,20 Virus Signatures Recognition pada mesin-mesin yang bersistem operasi Windows seperti 98SE, XP SP2 Home Edition, XP Professional Edition, Vista Home Edition, dan Vista Ultimate Edition, Alhamdulillah semuanya relatif lancar, kecuali hanya khusus pada Windows Vista saja dimana ketika Real Time Protection dari file PCMAV-RTP.EXE saya aktifkan, seringkali mengalami Crashed dan terkadang menyebabkan explorer Hang/Frozen walaupun dalam kondisi dimana AntiVirus lain maupun sembarang Firewall sengaja tidak saya pasang di komputer saya (Windows Firewall pun saya matikan). Namun, bila Anda mengalami masalah dalam menjalankan PCMAV pada Windows Vista, coba Anda lakukan langkah-langkah penstabilan dan kompatibilitas di bawah ini:
    (a) Klik Kanan” file “PCMAV-CLN.EXE dan PCMAV-RTP.EXE,
    (b) Lalu Pilih dan Klik Menu “Properties”.
    (c) Pada Menu “Properties” Pilih Tab “Compatibility”,
    (d) Check/Centang “run this program as an administrator”,
    (e) Terakhir Klik “Apply” dan “OK”
  2. Bila Anda mendownload File PCMAV maupun ClamAV dari Situs/Blog resmi dan terpercaya, Pastikan Anda telah berhasil sempurna dalam melakukan proses download. Catat ukuran file-file yang telah Anda download, dengan mengecek Validitas Ukuran File (file size validity) pada File-File PCMAV (PCMAV-CLN.EXE, PCMAV-RTP.EXE, dan RCxx.VDB) dan File-File ClamAV (main.cvd, daily.cvd, libpclamav.dll, libclamav.dll, danpthreadVC2.dll). Untuk referensi ukuran file, Anda bisa lihat postingan saya terdahulu di halaman: https://henryussa.wordpress.com/2007/11/07/cara-penggabungan-pcmav-dan-clamav-disertai-complete-download-links. Pengecekan Validitas Ukuran File ini untuk memastikan File-File dalam kondisi Utuh, Asli, dan sempurna/benar-benar telah selesai didownload (tidak terputus karena koneksi atau over traffic), sehingga File-File tidak Cacat/Rusak. Kecacatan/Kerusakan File bisa menyebabkan Program PCMAV dan ClamAV tidak bisa berjalan sempurna.
  3. Pastikan Keaslian File-File PCMAV dan File-File ClamAV! Hati-Hati! Jangan Download PCMAV sembarangan. Pastikan Anda dapatkan File-File Orisinal PCMAV dari keping DVD Majalah Bulanan PC Media dan File-File ClamAV yang Orisinal dari situs resmi ClamAV (clamav.net). atau Anda bisa dapatkan File-File tersebut dari Situs-Situ/Blog-Blog yang bisa dipercaya seperti Blog saya ini agar Anda tidak salah download dan mendapatkan File-File PCMAV dan ClamAV Palsu yang kemungkinan bisa mengandung ‘penyakit’ (Malware).
  4. Para Pembuat Virus makin merasa terusik dan terganggu dengan semakin membaiknya kualitas Scanning Engine dari PCMAV+ClamAV dalam mendeteksi Virus/Varian Virus/PUP (Potential Unwanted Program). Yang mereka lakukan adalah Percobaan melumpuhkannya dengan memblokir PCMAV-CLN.EXE dan PCMAV-RTP.EXE sehingga kedua File PCMAV tersebut tidak bisa bekerja sama sekali/semestinya. Untuk masalah ini, Kita sebaiknya belajar Oprek Win Registry untuk manual scanning (tepatnya: seek and destroy) untuk mencari Registry Key yang mencurigakan yang kemungkinan besar telah dimodifikasi Virus (suspicious changed Keys), Hapus Keys tersebut. atau praktisnya kita bisa serahkan, tanyakan, dan konsultasikan masalah ini pada Ahlinya seperti vaksin.com, virusindonesia.com, virologi.info, atau yang lainnya. Catatan: Adalah sangat baik dalam membisakan diri Membackup Windows Registry Anda pada Removable Media yang akan banyak membantu Anda dalam merecover system Anda bila mengalami kerusakan oleh Virus.
  5. Anda memasang beberapa AntiVirus di dalam Komputer Anda? Bila Anda mengalami kesulitan dalam menjalankan clean PCMAV dikarenakan PCMAV terdeteksi AntiVirus lain sebagai Malware, Matikan dulu AntiVirus selain PCMAV sebelum menjalankan PCMAV dan jangan lupa Update AntiVirus-AntiVirus lain tersebut secara rutin agar makin bisa ‘mesra’ berjalan berdampingan dengan PCMAV.
  6. Coba Langkah Pertama, Anda Usul secara halus ke Admin Anda di Kantor agar mengijinkan PCMAV boleh dijalankan di PC Anda. Bila ditolak dengan alasan umum seperti “Itu Program bikin lelet PC” atau “Itu Program kurang afdol” atau “Itu program Virus, kata AVG”, jangan menyerah, Anda coba langkah Kedua, Pendekatan ke Admin Anda, namun bila masih ditolak juga, Ambil langkah Ketiga, ya Anda Kick De Stupid Admin OUT!!!😀 (I’m NOT joking) – dikasih enak koq malah dibuang! Dan sebagai Langkah Keempat/Terakhir: Anda Paksa PC Anda untuk bisa menjalankan PCMAV+ClamAV dengan baik dan benar menggunakan cara apapun sesuai keinginan Anda sendiri. Hukumnya benar-benar Halal!🙂
  7. Dengan Selalu rutin mengupdate PCMAV dan ClamAV yang telah Anda miliki, berarti Anda berupaya untuk terus menjadikan PCMAV dan ClamAV Anda tersebut menjadi lebih baik dan bersahabat dengan Sistem Operasi Komputer Anda, Third Party Programs Anda seperti Firewall, IDS, dll., bahkan dengan AntiVirus pendukung atau penggembira😀 lainnya.
  8. Mungkin Hardisk Anda terlalu penuh dengan Aplikasi-Aplikasi yang berat dan banyak memakan tempat, jadi Anda lebih memilih mempersilakan Virus/Trojan/Worm yang ukurannya relatif jauh lebih kecil daripada PCMAV + ClamAV untuk masuk di komputer Anda hehehe! Namun bila Anda, MAAF, tidak terlalu pelit kapasitas hardisk dan ingin mencoba bermain lebih aman dalam menjalankan aktivitas Anda dengan Aplikasi-Aplikasi Anda tersebut di Komputer Anda, Anda bisa Beli Majalah PC Media edisi terbaru dan dapatkan PCMAV release terbaru di dalamnya, atau Download PCMAV dan ClamAV dari Situs/Blog yang terpercaya.

Semoga bermanfaat.
Salam

2 Responses

  1. hai…,mau tanya nih, saya sdh download semua file update terbaru rc22 + daily clam AV nya. tp kok disitu tertulis jumlah virus yang ada cmn 177.889, bukan 200rb -an. itu knp ya? oh iya satu lg, apa boleh pake realtime protector + auto-protect norton 2004? cuz sempat saya coba menjadi lelet bangat. thanks

  2. oM hen..

    gmn neh kok ga jalan y PCmav+CLamav nya??

    saya jalankan muncul tulisan :

    cl_cvdverify: database not VALID

    apA yg SLh sih??
    pdhl uda sy donlot smwa file clmav nya…

    THX bgD yeh…

    Henry said :
    Bisa dipastikan, PCMAV atupun salah satu dari seluruh ClamAV files yang Anda download tidak utuh (corrupted), jadi error bila dijalankan/dieksekusi. Hal ini bisa disebabkan karena download traffic full/penuh atau karena gangguan koneksi komputer yang Anda gunakan untuk download mengalami gangguan koneksi dengan internet.
    NB: Bila file-file PCMAV OK (utuh/tidak corrupted), namun virus database file dari ClamAV rusak, akan keluar Dialog Box window dengan tulisan seperti yang Anda sebut di atas.
    Solusi: Coba Download lagi lain waktu dan harap ditambah kesabarannya🙂 . Dan pastikan semua file yang dibutuhkan dalam kondisi lengak/utuh/tidak corrupted.
    Selamat mencoba dan Terima Kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: