Tool-Tool Pengecek Keamanan Website


Tool-Tool Pengecek Keamanan Website

Bagi Anda yang sering atau gemar melakukan aktivitas browsing di internet untuk mencari suatu informasi tertentu, tentunya mengunjungi website adalah bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas tersebut. Untuk melakukan pencarian informasi umumnya kita sudah terbiasa menggunakan bantuan mesin pencari (search engine) yang terpercaya dalam hal pengindeksan data informasi seperti Google Search ataupun Yahoo Search. Namun sayangnya kedua mesin pencari terbesar di dunia tersebut sama sekali tidak membedakan sumber indeks datanya, apakah berasal dari website yang aman untuk dikunjungi atau rawan/berbahaya/cukup mengganggu untuk dikunjungi karena mengandung malware yang umumnya berupa spyware, adware, trojan, virus, worm, spam, dan exploit scripts. Oleh karenanya, para pengunjung tidak tahu apakah situs yang akan dikunjungi tergolong safe to visit, not too safe to visit, atau dangerous to visit karena tiadanyainformasi dan peringatan keamanan pada halaman website (web security warning) dari Google maupun Yahoo!.

Sebagai solusinya, kita bisa menggunakan salah satu dari beberapa Tool handal untuk mengecek keamanan sebuah website. Dalam tulisan ini saya akan mengambil sample 3 (Tiga) Tool yang cukup bisa diandalkan yakni:

(1) Web Security Guard:

(2) McAfee Site Advisor

(3) LinkScanner Lite

Baik Web Security Guard maupun McAfee Site Advisor sama-sama memiliki dua Opsi pengecekan keamanan suatu website, yakni Pengecekan secara Online (tanpa instalasi program) maupun Pengecekan melalui Instalasi Program. Pada Opsi Instalasi, kedua Tool ini berupa Plug-In yang terintegrasi dengan Search Engine Web Browser. Bila McAfee Site Advisor menggunakan existing public Web Search Engine seperti Google Search atau Yahoo Search, sedang Web Security Guard menggunakan Web Search Engine-nya sendiri (Web Crawler) yang terintegrasikan pada Toolbar Web Browser untuk menampilkan analisa keamanan sembarang Website dengan ikon penanda berupa “Shield” dengan warna masing-masing sesuai tingkat keamanan website yang dianalisa.

Kedua Tool tersebut akan membantu, memandu, dan memproteksi User dalam melakukan Aktivitas Browsing dan Searching di Internet, yang mana kedua Tool tersebut akan menginformasikan kepada User apakah sebuah Website dikategorikan aman atau tidak untuk dikunjungi. Pola Kerja Web Security Guard mirip seperti McAfee Site Advisor, bedanya, informasi keamanan suatu Web dari McAfee Site Advisor diberikan pada Link (URL) website pada Search Result di Web Browser window, sedangkan Web Security Guard memberikan informasi keamanan suatu web pada saat User meng-Klik Link suatu website atau go To URL, dan bila website yang dituju mengandung konten yang dianggap berbahaya, Web Security Guard akan menampilkan Pop Up window untuk memberikan Opsi kepada User untuk “Back (Don’t Go To Site)”, “More Info”, dan “Enter Site (Go To Site)”

McAfee Site Advisor akan memberikan Ikon Tanda: “Tanda Centang”, “Tanda Silang”, “Tanda Seru”, dan “Tanda Tanya” pada Link-Link/URLs dengan keterangan sbb.:
Tanpa Warna dengan Ikon Tanda Tanya/Question Mark:
= Situs belum sempat dikunjungi McAfee Team
Warna Hijau dengan Ikon Tanda Centang/Check Mark:
= Situs Aman untuk dikunjungi, serta Aman bagi pengunjung untuk melakukan Browsing, Registration, LogIn/Sign Up, ataupun Data Transferring (Uploading/Downloading/File Sharing), etc..
Warna Kuning dengan Tanda Seru/Exclamation Point:
= Situs Tidak Terlalu Aman untuk dikunjungi karena mengandung Malware yang cukup mengganggu pengunjung.
Warna Merah dengan Tanda Silang/Cross Sign:
= Situs Tidak Aman/Berbahaya/bersifat mengganggu bila dikunjungi karena mengandung Malware/Malicious Script(s) yang bisa menginfeksi komputer Pengunjung dan/atau mengganggu Pengunjung.

Sedangkan LinkScanner Lite, walau juga melakukan pengecekan terhadap script, konten dan fasilitas downloader yang dianggap berbahaya pada suatu website, namun sayangnya Tool ini tidak melakukan pengecekan terhadap keberadaan spyware maupun adware pada suatu website. Tool ini juga terintegrasi dengan Search Engine Web Browser.

Pastikan salah satu software keamanan tersebut terinstall pada komputer Anda terlebih dahulu sebelum Anda melakukan browsing di internet. Namun bila Anda tidak berkeinginan untuk menginstal, Anda disarankan untuk berkunjung ke situs resminya melalui Link software tersebut di atas untuk melakukan Online Website Check.

Screenshot:

Web Security Guard

 

Web_Security_Guard_Indicators.jpg

WebSecurityGuard_Warning.jpg

McAfee Site Advisor

McAfee_SiteAdvisor_Screenshot_small.jpg

LinkScanner Lite

LinkScanner_Lite.gif

Semoga Bermanfaat
Salam

5 Responses

  1. makasih ya mas aku sering browsing nih

    Henry says:
    Makasih Balik ya.
    Mudah-Mudahan Bermanfaat.

  2. ALLOW MAS .. pa kabar ..??! waduh kok saya baru tau yaa .. heheh..klo di pake tiga3nya bisa gak ya mas ..?! biar lebih maksimal lagi perlindungannya .. soalnya saya sudah coba Web Security Guard.. trus saya masuk ke website yang “berbahaya” tapi tidak ada reaksi atau tindakan apa – apa dari Web Security Guard untuk mengalihkan saya dari website tersebut atau memblok saya untuk ke website tersebut tapi malah cuman warna ikon nya yg tadinya hijau berubah menjadi abu – abu?!bukannya merah ya??akhirnya malware ttap saja menginfeksi compie saya ..

    makasih .. for everything ..

    Henry says:
    Kabar Baik Mas. Makasih.
    Untuk laptop saya, saya hanya mengandalkan McAfee Site Advisor saja yang sudah terintegrasi dengan McAfee Total Security 2007. Mc Afee Site Advisor menurut saya sangat ampuh memfilter mana Website yang aman atau kurang aman atau yang membahayakan laptop saya saat saya browsing di internet, tanpa perlu menginstal software sejenis lainnya. Bila pas iseng ke Warnet, saya kadang hanya menginstal PlugIn McAfee Site Advisor for Firefox, atau kadang saya coba padukan dengan Web Security Guard. Hasilnya OKE, tidak crash program satu sama lain, malah menurut saya sifatnya saling mendukung.
    Tampilan Warning Web Security Guard berupa Ikon Shield Warna Merah, Kuning, Hijau, dan Abu-Abu penanda keamanan Website identik dengan pengkategorian warna dari McAfee Site Advisor, bedanya Ikon Shield McAfee Site Advisor bisa terlihat langsung lewat Google Search Result karena menggunakan Google Search Engine, sedang Ikon Shield Web Security Guard hanya akan terlihat bila kita search data di internet menggunakan Web Search Crawler-nya sendiri yang terpasang pada toolbar.
    Pengalaman saya menggunakan Web Security Guard Oke tuh, walaupun kita menggunakan Google Search engine, dan bermaksud mengunjungi situs yang dianggap Web Security Guard berbahaya, Web Security Guard selalu memunculkan pop-up window warning warna merah seperti gambar di post (atas), dan kalau kita nekat mengunjungi website yang dimaksud, tentu saja besar kemungkinan komputer kita terinfeksi malicious/exploit script dari website tersebut. Warna abu-abu oleh Web Security Guard dimaksudkan Data pada Website yang ditandai tidak/belum ada di databasenya Web Security Guard, dan pada McAfee, warna abu-abu artinya McAfee Team belum sempat mengunjungi Website yang ditandai, intinya sama.
    Untuk optimalisasi kinerja kedua tool pengaman tersebut, seperti halnya AntiVirus, SELALU UPDATE DATABASE WEB SECURITY-nya.
    Perubahan warna kemungkinan hanya masalah Refresh Monitor/Explorer saja. Sya juga pernah mengalami baik pada Web Security Guard maupun McAfee Site Advisor
    selamat mencoba-coba searching situs-situs potensi warna merah seperti (maaf), situs porno atau situs underground community dan situs special crack/keygen/serial number, atau situs yang berpotensi warna abu-abu seperti situs-situs blog, tanpa perlu mengunjunginya, buat test saja, untuk trigerring pop up-nya saja. Dan silakan diupdate databasenya.

  3. makasih

    Henry said :
    Terimakasih kembali Bung Eric!🙂

  4. Makasih banget ya mas,aq sering banget browsing buat design web…

  5. thanks infox.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: