Akhirnya Blu-Ray Berhasil Mengalahkan HD-DVD


Akhirnya Blu-Ray Berhasil Mengalahkan HD-DVD

Era Kejayaan Blu-Ray dan Berakhirnya Era Baru HD-DVD
201px-Blu-ray_Disc.svg.png

Berakhirlah sudah Persaingan sengit Standarisasi Format Digital Modern yang terbaru dan terbaik pada Keping Cakram Digital untuk media hiburan antara Blu-Ray yang dimotori Sony Corp. melawan HD-DVD yang dimotori Toshiba Corp..
Akhirnya Toshiba Corp secara resmi mengakui kekalahan atas rivalnya, Sony Corp. dan mengumumkan akan menarik produk HD-DVDnya dari pasar dan akan akan menghentikan produk HD-DVDnya akhir Maret 2008 mendatang.
Pengumuman resmi tersebut disampaikan kemarin oleh Atsutoshi Nishida, CEO Toshiba Corp. dalam jumpa pers di markas perusahaannya di Tokyo, Jepang.
Selain penarikan produk HD-DVD dari pasar dan penyetopan produksi HD-DVD pada akhir Maret 2008 mendatang, disampaikan juga bahwa Toshiba Corp. juga akan menghentikan pembuatan HD-DVD Player pada unit komputer.
Penarikan diri Toshiba Corp. dari persaingan tunggal tersebut jelas akan makin melapangkan jalan Sony Corp. (yang sebenarnya sudah makin lapang) untuk menjadikan Blue-Ray sebagai Standar Format Digital dalam industri hiburan (film, musik, dan lainnya).
Pertarungan antara Blu-Ray dan HD-DVD sendiri sebenarnya makin kelihatan berat sebelah dalam satu tahun ini, mengingat beberapa hal, antara lain kekompakan Tim yang bersaing dan popularitas Blu-Ray yang makin naik, didukung oleh rancangan perangkat populer semacam Sony Playstation yang distandarkan menggunakan Blu-Ray sebagai medianya, serta makin menurunnya popularitas HD-DVD di kalangan masyarakat dunia seiring dengan masalah internal HD-DVD Team Work, yang mengakibatkan beberapa perusahaan besar hengkang dari HD-DVD Team Work.
Blu-Ray yang juga didukung oleh Matsushita Electric Industrial Co (Panasonic Global Site), Apple, TDK, Dell, Hewlett Packard, The Walt Disney Company, Warner Bros., Universal Music Group dan beberapa studio film Hollywood terkemuka lainnya itu sebenarnya sudah diprediksi banyak pihak termasuk Penulis akan memenangkan pertarungan yang sebenarnya sengit namun makin tidak berimbang tersebut.
Penulis sendiri bersyukur atas kemenangan salah satu dari keduanya, karena sebagai konsumen, tentu tidak ingin dipusingkan dengan dua standar format digital, bila rivalitas Sony Corp. dan Toshiba Corp. berakhir draw/imbang.
Penulis tidak bisa membayangkan bagaimana reaksi publik bilamana mereka sudah membeli Blu-Ray Player, namun pasti akan begitu kecewanya karena tidak bisa melihat Film Transformer dalam format HD-DVD yang sudah terlanjur dibelinya.
Atau misalnya kedua format digital tersebut distandarisasikan, tentu konsumen bisa dipusingkan dengan makin beragamnya format digital, atau mungkin sebaliknya, konsumen makin senang karena makin banyak pilihan?
Doa penulis dulu, bila persaingan Blu-Ray dan HD-DVD berakhir imbang, mudah-mudahan satu saat nanti, akan ada produsen player yang bisa memainkan kedua format — Blu-Ray dan HD-DVD — sekaligus seperti saat ini, yang mana player DVD yang sudah tentu bisa memainkan format CD. Tentu saja akan banyak produsen player tersebut karena tentu saja produk Player Blu-Ray + HD-DVD tentu akan sangat laris terjual. Sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan.
Namun sayangnya (bagi mereka) peluang itu sudah tertutup setelah Toshiba Corp mengibarkan bendera putihnya.
Akhirnya, sebagai konsumen, Penulis merasa sangat-sangat bersyukur.

  • Informasi tentang Blu-Ray bisa Anda baca di SINI
  • Referensi Film-Film Blu-Ray (SONY Blu-Ray Movies) bisa anda lihat di SINI

CONGRATULATION & BRAVO SONY!

Sekian
Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: