Flagging Blog – Laporkan Blog BerKonten Negatif


Flagging Blog – Laporkan Blog BerKonten Negatif

Makin maraknya kemunculan Blog-Blog dengan Konten-Konten Negatif, tentu sangatlah memprihatinkan bahkan menyakitkan hati banyak orang, terutama bagi orang-orang yang dijadikan sasaran dari pemuatan konten-konten tersebut ataupun orang-orang yang ikut terkena dampak negatif dari konten-konten negatif tersebut.

Kita bisa berkeliling di dunia maya, dan mungkin banyak diantara Anda yang mungkin tak sengaja membaca konten dalam bentuk Artikel teks maupun bergambar ataupun Comments yang menurut Anda tidak pantas untuk dibaca dan/atau dilihat, dan tidak pantas pula untuk dijadikan konsumsi publik.

Sebagai misal sekarang makin tampak kemunculan Blogger-Bloger Anti Indonesia yang dengan sengaja mem-Post artikel-artikel yang berbau Anti-Indonesia seperti Penghinaan terhadap Bangsa dan Negara Indonesia.  Sebagai orang Indonesia, kemunculan artikel-artikel tersebut telah mengendapkan hati Penulis menjadi gumpalan padat berisi campuran zat kesedihan, kemarahan, dan kebencian.

Sebagai obat sakit hati Penulis dan mungkin juga kita (Indonesian People or other Nations who care about this case) dan sebagai respon yang perlu kita berikan untuk meluruskan permasalahan terebut atau sekedar hanya counter attack adalah “GIVE THE BLOGGERS A LITTLE BIT LESSON“. Caranya?

Secara teknis dalam garis besar, Anda bisa memilih untuk melakukan satu dari dua teknik berikut di bawah ini:

  • FLAGGING BLOG (WebSite Abusement Report). Banyak dilaporkan bahwa terdapat Blogger-Blogger yang telah memPost Artikel Berkonten Negatif dengan menggunakan media Blog Gratisan seperti Blogger.com. Pembaca di seluruh dunia diperkenankan untuk memberikan laporan (abusement report) tentang keberadaan posted Negative Article di sebuah Blog yang berbasis pada Blogger.com kepada server/Manajemen Blogger.com guna meminta Review Blog tersebut untuk tujuan akhir Permintaan Penutupan/Penghapusan Blog (Blog Deletion Request) yang bersangkutan. Tekniknya, Si Pelapor tinggal meng-KLIK Ikon Flag (Bendera) yang terdapat pada bagian atas kiri Blog yang bersangkutan.  Bila Ikon Flag (Bendera) tersebut ter-KLIK, maka secara otomatis akan men-trigger instruksi sistem untuk memberitahukan kepada Blogspot server/management guna menyampaikan Blog Deletion Request. Semakin banyak Ikon Flag (Bendera) tersebut ter-KLIK, maka potensi penghapusan Blog oleh Manajemen Blogger.com akan lebih cepat dan lebih besar pula. Bagi Situs-situs non Blogger Blog, misal situs sosial atau forum yang dibuat sendiri menggunakan CMS Drupal atau CMS Joomla, dan kebetulan si Admin/pemilik situs yang bijaksana telah memasang Flagging Widget atau kode/media lain untuk keperluan Flagging , maka pembaca bisa melakukan Flagging content/comment pada situs tersebut dengan menggunakan sarana media tersebut. Yang menjadi masalah, keputusan ditutupnya atau sekedar di-suspend-nya sebuah Blog oleh Server/Central Management maupun panghapusan content/comment oleh Admin tergantung dari akal sehat dan hati nurani pihak Central Management/Admin.
  • WEBSITE HACKING (Ada banyak sekali teknik Website Hacking – yang mana, yang seringkali terjadi yaitu dengan ‘sekedar’ melakukan DEFACE (face-off — penggantian ‘wajah’ atau interface sebuah halaman web), seperti misal dengan manipulasi penggantian file induk Website yakni index.php/index.htm/index.html>. Secara teknis, bila sebuah WebSite/WebBlog mandiri yang berbasis bayar dengan menyewa jasa hosting pada server yang dipilih sendiri, akan relatif lebih mudah terkena hacking attack daripada situs/blog gratisan yang berbasis/berhosting pada sebuah Server secara free of charge.

Related Info and Source:

  1. What is the “Flag” button?
  2. How to Flag a Blog with Objectionable Content on Blogger

Salam Keluh,
Henry

5 Responses

  1. Mohon Maaf Lahir dan batin, Mas

    Henry said :
    Terima Kasih Mas Eko 🙂
    Taqoballahu minna wa minkum, Shiyamana wa shiyamakum,
    Taqobbal ya kariim.
    Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
    ~ Salam ~

  2. Selamat Idul Fitri 1430 H
    Minal aidin wal-faizin
    Maaf lahir dan batin
    Salam hangat dari Surabaya

    Henry said :
    Terima Kasih Pakdhe Cholik.. 🙂
    Taqoballahu minna wa minkum, Shiyamana wa shiyamakum,
    Taqobbal ya kariim.
    Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
    ~ Salam ~

  3. ya… kalo bisa ! situs2 kayak gitu di hack aja… sudah seharusnya orang-orang yang gak bertanggung jawab itu kita kasih pelajaran.
    tp gimana caranya ya? 🙂

    Henry said :
    Kalau bisa jangan di-Hack dulu, Bung Jaka.. Kita beri tahu kepada si Penulis/Blogger ybs. bahwa konten yang dipostingnya (berupa artikel/comment baik via Blog atau Forum atau media lainnya) bermasalah/berkonotasi negatif (dalam artian fitnah/mencemarkan nama baik/dll.), dan kita minta dengan hormat untuk dia review guna perbaikan atau penghapusan.
    Namun bila niat baik kita tak ditanggapi si Penulis, so… THE WORLD IS YOURS, PAL! DO WHAT YOU SHOULD DO! Anda bisa melakukan Blog Flagging (Abusement Report) ataupun Hacking…
    Soal bagaimana cara2 Web/Blog Hacking, Penulis sarankan untuk mencari info soal Hacking Techniques ataupun ‘peralatan perang’ di forum-forum underground baik di indonesia (misal di JASAKOM/dll.) ataupun di manca negara ataupun dari buku-buku hacking yang makin banyak beredar di pasaran. Di Web atau toko buku Gramedia banyak koq! Good Luck!
    ~ Salam Damai d:) ~

  4. Setujuuuuu…!!!
    Ayyyoooo…Sikat habis mereka!!!
    Mas, saya melihat ada beberapa situs/blog yang mendiskreditkan bangsa Indonesia, terutama, biasa…lah.., negara tetangga sendiri, ……MALINGSIA, negara yang suka maling (mencuri) aset dan kekayaan bangsa Indonesia.
    Sebagian sudah disikat hacker Indonesia, yang belum, mari kita Ganyang!

    Henry said :
    Weleh…Weleh…Weleh..!
    Bersemangat betul nih Bung Joe!
    Mungkin Anda anggota GI Joe yang slalu siap tempur ya? 🙂 Amen..
    Ya selama Negara ‘Tetangga’ kita itu tak lagi bertindak bodoh dan menunjukkan niat dan itikad yang baik, ya kita sebagai orang Indonesia sudah sepantasnya dan seharusnya selalu siap untuk berdialog, berdiplomasi, bahkan merangkul-bersatu kembali dalam damai dengan ‘Tetangga’ kita yang nakal itu sebagai Saudara Serumpun 🙂 … Tetapi, bila si ‘Tetangga’ tak mau mengubah sikap dan pemikiran yang negatif, provokatif, ya… for Indonesian People or Anybody who cares about Indonesia and Peace…..just… “FIRE AT WILL” dech! 🙂

  5. thanks info tulisanya berguna banget…

Leave a comment