25 Alasan Memilih Android OS


25 Alasan Memilih Android OS

• Android SmartPhone •

Seperti telah kita ketahui bahwa Android adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux kernel yang sangat handal dan dirancang untuk gadget telepon seluler. Android menyediakan platform terbuka (open source) bagi para pengembang apliklasi agar dapat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan dan diimplementasikan ke dalam beragam piranti bergerak (mobile devices).
Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Secara singkat, sejarah perkembangan Android dapat digambarkan dari sudut pandang version releasenya sebagai berikut:

(sumber informasi dan baca selengkapnya di Wikipedia).

Android yang dirilis kali pertama pada 5 November 2007 hingga saat saat ini semakin menarik perhatian dan kepercayaan publik di dunia untuk dijadikan Operating System (OS) pilihan utama selain iOS produk OS buatan Apple Inc. dan mengalahkan dominasi Symbian, ataupun current trendBlackBerry — , maupun kuda-kuda hitam seperti Windows Mobile 7, HP WebOS, Samsung’s Bada, ataupun Linux Maemo.

Berikut ini Penulis sampaikan kepada Pembaca yang budiman:
25 (Dua Puluh Lima) Alasan kenapa sekarang dan kelak nanti orang-orang lebih memilih membeli dan menggunakan gadget SmartPhone/Tablet PC yang berbasis sistem operasi Android daripada sistem operasi lainnya berdasarkan referensi beberapa nara sumber seperti beberapa Rekanan Teknisi HP, beberapa Rekanan pemilik dan pengguna SmartPhone Android, serta serangkaian percobaan pribadi Penulis dengan menggunakan SmartPhone Samsung Galaxy GT i551 ~ Android 2.2 (Froyo) milik Penulis:

25 (Dua Puluh Lima) Alasan Utama Memilih Android Operating System:

  1. Open Source OS • Android adalah sistem operasi terbuka (open source) yang memungkinkan para pengembang aplikasi mobile phone untuk membuat aplikasi yang berbasis platform Android secara bebas untuk didistribusikan dengan lisensi open source, freeware , maupun shareware tanpa harus tersandung prosedur dan aturan sistem proprietary milik sebuah produsen System Operasi yang berbayar (paid OS).
  2. Flexible OS – More Customizations • Dengan lisensi open source, Android tidak hanya membuat kebebasan kepada para pengembang  aplikasi saja untuk merancang dan mengembangkan berbagai program untuk Android, namun Android End-User (Pengguna/Konsumen) juga diberi kebebasan untuk mengoprek/mengkustomisasi program OS di dalam SmartPhone Androidnya untuk tujuan tertentu tanpa melanggar sistem propietary siapapun.
  3. Cheaper (Lower Price) GadgetKarena lisensi Android open source, logikanya, sudah seharusnya, dan idealnya gadget (SmartPhone/tablet PC) dengan sistem Android berharga lebih murah dari SmartPhone dengan paid OS lainnya.
  4. Secured Open Market Android Market Place memang masih jauh berada di bawah Apple Store dari sisi kuantitas konten/produk yang disediakan (-/+ Apple Store:180.000-an vs Android Market Place:50.000-an), namun, tidak seperti Apple Store, dengan sistem Open Market, jumlah konten pada Android Market Place sangat berpotensi segera mampu menyaingi bahkan menyalip jumlah konten pada Apple Store. Efek positifnya: tentu sangat menggembirakan bagi para pemakai Android OS. Kenyamanan Online Installation di Android Market Place ditunjang dengan adanya jaminan keamanan bagi pemilik account saat melakukan LogIn, online installation ataupun saat melakukan transaksi, dimana Android Market Place telah mendukung jalur layanan yang aman namun tetap nyaman, yakni melalui SSL (Secure Socket Layer).
  5. Easier Program Installation • Instalasi aplikasi secara online di Android Market Place atau di beberapa situs terpercaya yang menyediakan konten aplikasi Android dan games Android maupun instalasi aplikasi secara offline bisa dikatakan cukup mudah untuk dilakukan oleh User. Anda bisa menggunakan teknik sinkronisasi SmartPhone ataupun teknik verifikasi dengan QR Code Scanner bila akan melakukan instalasi secara online. Anda juga bisa mendownload file eksekusinya (ekstensi: .apk) bila akan melakukan instalasi secara offline. Bila di dalam SmartPhone Android Anda belum terinstall QR Code Scanner, Anda bisa mendownload program Barcode Scanner di Android Market Place. Tentu Anda harus LogIn dengan Google Account Anda terlebih dahulu bila Anda bermaksud untuk melakukan instalasi melalui Android Market Place.
  6. Multitasking Android menjadi pelopor Multitasking (menjalankan beragam aplikasi berbeda dalam waktu yang bersamaan) dalam SmartPhone. Anda bisa membuat dokumen Word untuk menyalin sebagian konten kiriman Email teman Anda yang sedang Anda cek/buka sambil mendengarkan musik MP3 di backgroundnya dan menunggu balasan chat dari teman Facebook Anda.
  7. Smart UI Urusan UI (User Interface) memang Linux jagonya. Banyak informasi dan shortcuts yang bisa ditampilkan dan dikustomisasi dalam banyak halaman home screen Android. Bandingkan Samsung Galaxy GT i551 yang memiliki 7 home screens dengan N8 yang berbasis Symbian yang hanya memiliki 3 home screens. Android juga memiliki page jumper untuk meloncat dari satu halaman home screen ke halaman home screen lain.
    Flexible UIAndroid memungkinkan User untuk melakukan Drag & Drop elemen shortcuts/links/widgets dari/ke home screen untuk tujuan penambahan/pengurangan (penghapusan) shortcuts/links/widgets. Halaman home screen pun bisa ditambah (sampai batas maximum tertentu) ataupun dikurangi sesuai keinginan User. Bila dibandingkan, Symbian ataupun BlackBerry tidak memberikan fitur Drag & Drop tersebut.
  8. Neat Interface • Android dirancang dengan nuansa kerapian dan keindahan tersendiri walau beum seindah iOSnya Apple (harap maklum karena Apple didirikan oleh para seniman Grafis Dunia). Home screen dan ikon-ikonnya tampak cukup sedap dipandang mata dan tidak membosankan bagi pemilik gadgetnya.
  9. Upgradable OSPengembang Android telah membuat rancangan sistem operasinya yang pada dasarnya bisa diupgrade ke versi Android yang lebih baru dengan syarat kompatibilitas perangkat hard ware pada SmartPhone/Tablet PC Android yang akan diupgrade sistem operasinya.
  10. More Free/Cheap Applications Jumlah para pengembang aplikasi untuk iPhone dalam hitungan jam terus bertambah sangat drastis, demikian halnya dengan para pengembang aplikasi untuk Android. Namun harap diingat, Android dengan lisensi open sourcenya lebih memudahkan para pengembang aplikasinya untuk mendistribusikan hasil karyanya kepada publik secara lebih bebas, lebih murah, bisa juga free of charge. Selain itu, jumlah para pengembang aplikasi untuk Android dan aplikasinya itu sendiri sangat berpotensi untuk menyaingi bahkan mengungguli para pengembang aplikasi untuk iPhone yang terbentur dengan ‘masalah’ license and proprietary Apple.
  11. More Compatible Applications Dengan makin banyaknya para pengembang aplikasi Android dan makin berkembangnya komunitas para pengembang aplikasi untuk Android tentu saja akan memperbanyak ragam aplikasi untuk android yang logikanya, dan sesuai harapan End-User (pengguna/konsumen), pilihan aplikasi akan makin banyak dan lebih beragam baik dari sisi jenis program maupun kompatibilitasnya bila dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi untuk platform paid OS.
  12. Many Varieties in Android Gadgets • Kolaborasi Konsorsium pengembangan Android yang merupakan gabungan kerjasama dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi terkemuka di dunia berbuah kelahiran beragam piranti SmartPhone dari masing-masing vendor anggota konsorsium. Dampak positifnya, End-User (Pengguna/Konsumen) akan disuguhkan banyak pilihan Android gadgets di pasar.
  13. Better Notifications System • Bila dibandingkan dengan iOS, WebOS, Symbian, Bada, Maemo, ataupun BlackBerry, Android memiliki sistem notifikasi untuk bermacam event dan aktifitas yang  lebih baik. Android memungkinkan beragam notifikasi bisa dimunculkan secara otomatis, bahkan dimungkinkan new event/message live preview, tanpa merepotkan User untuk melakukan manual check. Saat ini OS lain belum ada yang bisa menandingi beragam keunggulan dari sistem notifikasi Android. iOS pada iPhone yang begitu indah sayang sekali masih memiliki kendala dengan Pop-Up notificationnya, jadi User harus secara manual membuka aplikasi untuk mengetahui apakah ada pesan atau tidak.
  14. Integrated VoIP • Pada Android versi 2.3 (Gingerbread) telah ditanamkan fitur canggih baru yaitu Voice over Internet Protocol (VoIP) tanpa diperlukan aplikasi pihak ke-3 (third party application).
  15. Wider, More Comfortable, and More Flexible  Network Range • Salah satu keunggulan Android adalah memiliki jangkauan jaringan yang lebih luas, dirasa lebih nyaman, dan lebih fleksibel dalam hal kustomisasi.
  16. Free and Flexible Optional Carrier Android memungkinkan User untuk memilih sembarang Cellular Mobile Operator yang dikehendakinya, sehingga tidak memerlukan program UnLocker seperti pada iPhone.
  17. Faster Settings Bila dibandingkan dengan iPhone, BlackBerry, ataupun Windows Mobile, Android lebih memudahkan User untuk melakukan proses pengaturan dengan lebih praktis, cepat, dan tidak merumitkan.
  18. Better System Management Tidak diragukan lagi bahwa Linux kernel merupakan salah satu system core yang terbaik di dunia untuk dijadikan tumpuan dalam urusan manajemen berbagai tugas dan layanan dalam sub-routines di dalam sebuah sistem operasi. Kolaborasi antar pengembang yang kontinyu akan terus mampu mengembangkannya menjadi basis sistem operasi yang terbaik di dunia.
  19. Free Custom ROM Proses Jailbreak pada iPhone dipastikan sebagai tindakan illegal akan menghilangkan garansi bahkan bisa merusakkan perangkat kerasnya bila tidak dilakukan dengan benar. Bahkan kabarnya Apple telah menngembangkan aplikasi bawaan iPhone yang otomatis akan merusakkan iPhone secara permanen bila terdeteksi telah terjadi jailbreak. Buat apa beli barang mahal bila hanya akan merusakkannya saja?
    Komunitas Android bahkan melegalkan ROM Customization untuk dilakukan pada sembarang perangkat Android. Bahkan, kustomisasi tersebut ditujukan untuk tujuan positif, yakni untuk mengoptimalkan kinerja dan perfoma perangkat Android yang bersangkutan dan kemungkinan juga bisa digunakan untuk keperluan troubleshooting.
  20. User Friendly • Anda bisa mencoba dan merasakan bagaimana mudahnya kita mengoperasikan SmartPhone/Tablet PC Android.
  21. Guaranteed Quality Sejak diperkenalkan pada tahun 2007 para pengamat dan peneliti Mobile Phone OS, serta para pencoba Android di dunia telah menyebutkan bahwa Sistem Operasi Android adalah sistem operasi untuk mobile phone yang sangat bermutu; dan mereka telah memprediksi bahwa Android akan menjadi salah satu produk sistem operasi untuk beragam mobile gadget yang sangat bisa diandalkan dan terus bisa dikembangkan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Saat ini Android telah merebut hati pasar mobile phone dunia dengan menggeser dominasi Symbian, dan telah menjadi penantang serius bagi iOS dari Apple yang sangat diperhitungkan.
  22. Always Connected with Google Dengan menihat realita bahwa Google Inc. terus memperbanyak aplikasi dan layanan onlinenya dalam beragam jenis, format, bentuk, fungsi, dan layanannya, dan makin banyak orang membuat account dan berinteraksi di dalalmnya, maka saling keterhubungan antar layanan Google dengan pemilik account tentu akan mempermudah aktivitas online si pemilik account dalam menggunakan produk aplikasi dan layanan Google melalui perangkat SmartPhone/Tablet PC Androidnya.
    Always Connected with Social Networkers Dengan sistem otomatisasi, Android sangat memudahkan para penggunanya untuk tetap selalu terhubung satu sama lainnya secara online dengan beragam pelayanannya. Tentu ini sangat menguntungkan bagi sebuah komunitas tertentu yang beranggotakan beberapa pemilik account di Google dalam menunjang aktivitas kolaborasi antar mereka dalam kegiatan tertentu yang menggunakan fasilitas atau fitur layanan dari Google ataupun jasa layanan dari situs lainnya.
  23. Greater and Happier Community Coba mari kita bandingkan komunitas pengguna dan pengembang applikasi Windows/Windows Mobile ataupun pengguna dan pengembang applikasi BlackBerry dengan komunitas pengguna dan pengembang applikasi Linux/Android pada saat sekarang🙂 . Penulis yakin dalam waktu yang tak lama lagi, komunitas pengguna dan pengembang applikasi Linux/Android akan makin jauh lebih besar, lebih semarak, dan lebih menyenangkan daripada para kompetitornya.
  24. New Brand of Life Style • Android telah menjadi salah satu gaya hidup baru yang lebih bebas, luas, dan menyenangkan. Kebosanan akan keterkungkungan dan keterbatasan di dalam sebuah OS yang tertutup dan bahkan berbayar menjadikan alasan keinginan para pengguna untuk bergerak maju menuju era kebebasan yang bertanggung jawab dan bisa berkembang.
  25. Current Trend • Hingga ssat ini, trend SmartPhone di Amerika masih berkisar pada basis tiga OS, yakni (sesuai urutan): 1. iOS pada iPhone, 2. Blackbery 6 pada BlackBerry, dan 3. Android pada beragam jenis SmartPhone. Penulis yakin Android yang telah melahap -/+ 34% pasar di Amerika akan berhasil menyalip dominasi BlackBerry di Amerika. Di Indonesia, ‘penyakit’ demam Blackberry masih merajalela, tapi yang mulai melek IT dan lebih tahu tekhnologi yang lebih baik (baca: Android🙂 ) sudah makin banyak; dan makin banyak dan semarak pula komunitas Android di dunia, juga di Indonesia.
  26. Other Reasons • Koq Judulnya cuma 25 Alasan? Alasannya kelebihan satu dong? Tidak! Bahkan bisa kelebihan banyak karena Penulis yakin dari sekian banyak para pengguna ataupun pecinta Android tentu memiliki alasan(-alasan) lain yang beragam (selain 25 alasan di atas) kenapa mereka memilih dan/atau jatuh hati kepada Android🙂. Bila Anda punya alasan lain, silakan informasikan kepada Penulis via comment di bawah artikel ini atau lewat Form Isian di Halaman Contact. Terima Kasih.

Catatan
———
Baik atau buruknya sebuah media dalam hal ini gadget SmartPhone/Tablet PC tergantung dari kemampuannya sistem operasinya dalam mewadahi beragam aplikasi yang dibutuhkan oleh penggunanya dan dari kemampuannya dalam mengemas beragam fitur yang handal dan berguna, serta mudah digunakan oleh penggunanya.
Pemilihan sebuah gadget SmartPhone/Tablet PC yang bijaksana sebaiknya berorientasi kepada keperluan dan kegunaan utamanya, apakah untuk keperluan office, multimedia, internet, ataupun gaming.
“Marilah kita belajar mengatakan “TIDAK” untuk sesuatu yang BAIK agar kita bisa mengatakan “YA” kepada sesuatu yang LEBIH BAIK.”
Pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda… Semoga tidak salah pilih Gadget!🙂

≈ Salam ★★★★★№1★★★★★ Android ≈


2 Responses

  1. http://2001615.livejournal.com/744.html Thanks for that awesome posting. It saved MUCH time🙂

    Henry said :
    U r welcome!
    Thank You for visiting my room 🙂

  2. Nice post, bang Henry!
    Terima kasih atas informasi pentingnya!
    Wah jadi senang banget nih pakai Android!

    Henry said :
    Terima Kasih kembali, Buddy🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: