Tempat-Tempat Teraman Untuk Menyimpan Data Pribadi


Tempat-Tempat Teraman Untuk Menyimpan Data Pribadi

Bingung memilih tempat paling aman untuk menyimpan Password dan Credit Card Number?
Di bawah ini adalah Tempat-Tempat Paling Aman untuk menyimpan Data Pribadi Anda seperti Password, Credit Card Number, Personal Keys, Secret Number, Secret Question and Answer for Pass Validation, Secret ID, dan tentu saja Seluruh Data mengenai Secret Affairs Anda :mrgreen: .

1. Otak di Kepala Anda
– Kelebihan : Paling Aman diantara media penyimpanan lain karena sifatnya Abstrak (tersirat pun tidak, apalagi tersurat). Orang lain mustahil meng-Hack/Crack kepala Anda kecuali dengan Brain Scanning Technology (ini pun belum ada hasil yang sempurna)
– Kekurangan : Keterbatasan Daya Ingat. Penyakit Lupa yang tidak tersembuhkan berakibat Data Pribadi hilang selamanya 🙂 .

2. Perut Anda
Anda Telan Kertas Rahasia yang berisi tulisan Data-Data Pribadi Anda.
Kelebihan : Nyaris tidak ada, mungkin kelebihan nafsu makan, kertas saja Anda makan 😀 . Namun slogan “Eat Your Password!” bisa dibilang Cukup Aman karena orang lain tidak akan menemukan kertas rahasia tersebut kecuali dengan membedah tubuh Anda atau memaksa dan menunggui Anda membuang hajat untukmengeluarkan kertas rahasia tersebut :mrgreen: .
Kekurangan : Terlalu repot untuk membuka kertas rahasia tersebut yang sesudahnya harus Anda telan kembali untuk menyimpannya lagi.

3. Bawah Tanah
Anda kubur dan sembunyikan data-data pribadi Anda di bumi.
Kelebihan : Anda termasuk orang yang sangat menghormati dan menjunjung tinggi nilai sejarah, khususnya teknik penyimpanan barang berharga tempoe doeloe 🙂 .
Kekurangan : Walau banyak yang berpendapat bahwa teknik penyimpanan ini terbilang aman karena tidak nampak di permukaan bumi, namun sebenarnya tidak begitu aman karena Data masih relatif mudah ditemukan atau rusak karena alam dan binatang, tidak terproteksi, dan juga mudah berpindah tempat karena pergeseran lempeng bumi atau cuaca atau karena klenik, belum lagi akibat tanah longsor karena dam air yang sudah rusak tidak diperbaiki dan jebol karena biaya perbaikan bendungan air terlanjur dikorupsi pejabat (cukup kurang kerjaan juga nulis seperti ini :D).

4. Lemari Besi terkuat dengan tujuh lapis proteksi
(semacam sebuah Lemari Besi Baja dengan 7 buah pintu dan 7 buah kunci yang berbeda)
Kelebihan : Bagai petarung berbaju besi 7 lembar yang lebih tahan peluru. Maling sedikit direpotkan dengan berat badan Lemari Brankas Besi. Anda percaya kejadian Brankas Uang seberat 2 Ton bisa dibawa kabur 5 Maling kurang dari 15 menit? Kenapa tidak ambil uangnya saja, tinggalkan lemarinya? si Maling menjawab: angkut dulu aja lemarinya, walau berat, namun lebih cepat daripada membongkar lemarinya, bongkarnya belakangan… eh maksud saya lemarinya mau saya jual kiloan sekalian, koq Mas (Dasar Maling!!! :mrgreen: )
Kekurangan : Sangat mencolok mata para pencuri data, dan tentu saja Mahal Harganya.

5. Bantuan Software Pengaman Data Pribadi seperti:

5.1 PASSWORD PLUS – PASSWORD MANAGER
Kelebihan :
– – Bisa Menyimpan dan Melindungi Sembarang Data Pribadi menggunakan Database yang sangat baik dan berkualitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Pengguna.
– – Sangat Aman karena diproteksi dengan Algoritma Enkripsi Blowfish 128-Bit
– – Tabel Database cukup lapang, sehingga Anda bisa memasukkan banyak entry, dan bisa dikustomisasi sesuai keinginan/kebutuhan
– – Terdapat Fitur Backup dan Restore Database dan Mesin Pencarian Data Entry
– – Auto Lock Timer
– – Dukungan untuk Mac OS dan Sinkronisasi dengan Palm OS
– – Mudah digunakan
– – Ukuran Program File tergolong tidak terlalu besar
Kekurangan :
– – Shareware; Algoritma terbatas satu macam saja.

5.2 PASSWORD SAFE – PASSWORD MANAGER
Kelebihan :
– – Sangat Aman karena diproteksi dengan Algoritma Enkripsi 256-bit
– – Freeware
– – Terdapat Dua Opsi Orientasi Eksekusi, yakni: Edisi Stand Alone Computer dan Edisi Portable untuk Removable Drives.
– – Terdapat Fitur Pencarian Data Entry dan Password Generator
– – Mudah digunakan
– – Ukuran Program File tergolong kecil
Kekurangan :
– – Database terbatas; Algoritma terbatas satu macam saja.

5.3 FOLDER LOCK
Kelebihan :
– – Sangat Aman karena tahan serangan Malware (Virus, Trojan, Worm, dll.)
– – Data yang diproteksi tidak bisa diakses secara illegal walau melalui DOS Safe Mode ataupun akses melalui Operating system lain.
– – Terdapat 3 (tiga) opsi teknik penguncian, yakni: (Simple) Lock, Scramble, atau Encrypt
– – Mudah digunakan
– – Ukuran Program File tergolong kecil
Kekurangan :
– – Shareware

5.4 TRUECRYPT
Kelebihan :
– – Sangat Aman dari Aksi Pengintipan Orang Lain, namun Tidak menjamin bebas serangan Malware (Virus, Trojan, Worm, dll.) bila Container berupa File.
– – Menggunakan pola Protected Virtual Drive dengan teknik Mount and Dismount untuk Akses Data dan Penguncian Data.
– – Dengan adanya fitur “Hidden Volume“, menjadikan TrueCrypt Satu-Satunya File Encryptor yang memiliki fitur double layer protection.
– – Freeware – Open Source
– – Bisa diaplikasikan untuk USB Removable Drives
– – Mudah digunakan
– – Ukuran Program File tergolong kecil
Kekurangan :
– – Software yang nyaris sempurna ini meninggalkan kerawanan teknik proteksi, dimana Container yang berupa File bisa dengan mudah terhapus/dihapus. Lebih disarankan memilih opsi Pembuatan Virtual Drive baru untuk tingkat keamanan yang lebih tinggi dan terjamin.

5.5 ENCRYPT FILES
Kelebihan :
– – Sangat Aman dengan Proteksi Ekripsi Algoritma yang Komplit: Blowfish (448-Bit), Twofish 256-Bit, Rijn Dael (AES) 256-Bit, Cast 256-Bit, Mars 1248-Bit, RC2 1024-Bit, RC4 2048-Bit, RC6 2048-Bit, Serpent 256-Bit, Triple Des 256-Bit, Tea 128-Bit, Misty 1 128-Bit, dan Ice 64-Bit.
– – Freeware
– – Memiliki Fitur Secure Deletion (File Shredder)
– – Interface cukup menawan dan Mudah digunakan
– – Ukuran Program File tergolong kecil
Kekurangan :
– – Kebetulan saya belum menemukannya kelemahannya dari program kecil nan cantik dan tangguh ini, tentu software ini tidak sempurna namun dari ratusan software enkripsi yang puluhan diantaranya sudah saya coba, tool ini salah satu tool yang terbaik, terutama dilihat dari sudut pandang kelengkapan algoritma enkripsinya.

Semoga Bermanfaat
Salam

One Response

  1. wah banyak juga ya mas jadi pusing nih milihnya hehehehe met kenal ya mas

    Henry says:
    Salam Kenal Juga ya, Mbak
    Makasih
    Itu baru beberapa saja Mbak, sebenarnya masih ada beberapa software sejenis yang lain, namun software-software tersebut di atas adalah yang terbaik dari yang terbaik (menurut saya lho! 🙂 ). Semakin Anda dihadapkan dengan banyak pilihan, lama-lama yang terasa bukannya semakin bingung namun semakin senang, daripada hanya dihadapkan pada satu pilihan saja namun kualitasnya diragukan, atau bahkan tidak ada pilihan sama sekali :mrgreen:

Leave a comment